Bagikan:

JAKARTA - Petinggi Manchester City meminta Pep Guardiola memberikan keputusan terkait masa depannya di Etihad hingga Natal 2024.

Sebelumnya, manajer asal Spanyol itu mengisyaratkan bahwa kebersamaannya di Stadion Etihad mungkin akan segera berakhir. Rumor pun terus beredar bahwa dirinya digadang-gadang akan menukangi Timnas Inggris.

Guardiola pun tak menolak kemungkinan melatih Three Lions.

"Saya harus memutuskan apa yang ingin saya lakukan dalam hidup saya. Jika saya ingin terus di sini, beristirahat, melatih tim nasional (Inggris) atau tidak, banyak hal," ujar Guardiola di Sky Sports.

Guardiola mengakui bahwa dirinya sudah tak punya tantangan lagi bersama Manchester City. Motivasinya untuk memenangi Liga Inggris dan gelar lain sudah tidak ada.

Pelatih 53 tahun itu mengungkapkan bahwa dirinya tengah lapar untuk mencari tantangan baru.

Terlebih, musim 2024/2025 merupakan tahun terakhir Guardiola dalam kontrak bersama Manchester City. Ia lebih dekat untuk meninggalkan The Citizens ketimbang bertahan.

Pernyataannya yang menyebut keinginan memenangi gelar Liga Inggris kelima beruntun dianggap hanya untuk menyenangi fans City agar mereka tidak galau.

Karena itu, petinggi The Citizens meminta Guardiola segera memutuskan masa depannya dengan tenggat terakhir Natal 2024.

Soalnya, City perlu mempersiapkan diri jika Guardiola benar-benar hengkang. Paling tidak, ada waktu setengah musim untuk mencari sosok yang pas pengganti manajer asal Spanyol itu.

Sky Sports mengabarkan bahwa bos-bos City sudah pasrah dengan Guardiola. Andaikan bertahan, The Citizens memprediksi kontrak sang manajer juga tidak akan panjang.

Jadi, intinya yang ada di pikiran petinggi City saat ini ialah tetap mengambil kuda-kuda untuk mencari manajer baru.

Terlepas dari itu, The Citizens harus menghadapi banyak hal pada musim mendatang jika Guardiola mengakhiri masa jabatannya di Etihad. Mereka harus menghadapi 115 tuduhan dari Liga Inggris.

Pep Guardiola sudah delapan musim bersama Manchester City. Dia membawa Manchester Biru memenangi enam gelar Liga Inggris, empat Piala Liga, dua Piala FA, dan Liga Champions.

Bagi Guardiola, awal yang baru mungkin merupakan prospek yang paling menarik. Mantan Manajer Barcelona dan Bayern Munchen itu kemungkinan mengambil pekerjaan sebagai pelatih Timnas Inggris.

FA saat ini terus mencari pelatih tetap setelah menyerahkan peran tersebut kepada Lee Carsley untuk sementara.