Bagikan:

JAKARTA – Musyawarah nasional (Munas) Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) menyertakan agenda perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta modernisasi logo.

Munas PP Perbasi dijadwalkan berlangsung pada 28-29 Oktober 2024 di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta. Agenda utama dari kegiatan ini adalah pemilihan Ketua Umum PP Perbasi masa bakti 2024-2028.

Sekertaris Jenderal PP Perbasi, Nirmala Dewi, mengatakan bahwa perubahan AD/ART merupakan hal lazim yang bisa dilakukan dalam setiap penyelenggaraan Munas.

"Selain itu, kami mengusulkan perubahan logo PP Perbasi yang baru," ujar Nirmala kepada awak media dilokasi acara.

Bakalan ada tiga sesi sidang pleno yang digelar pada hari pertama penyelenggaraan Munas, yakni pengesahan jadwal dan tata tertib Munas, laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus sebelumnya, dan pembahasan program kerja pengurus yang akan datang.

Selanjutnya pada hari terakhir akan berlangsung pemilihan. Budisatrio Djiwandono adalah calon tunggal sehingga bisa dipastikan dia akan memimpin Perbasi untuk empat tahun ke depan.

"Yang mengembalikan formulir hanya satu. Artinya, calon tunggal, tetapi mudah-mudahan kami mendapatkan Ketua Umum terpilih yang punya cita-cita baik," ujar Nirmala.

Peserta Musyawarah Nasional Perbasi tahun ini mencapai total lebih dari 500 orang. Hal itu terdiri dari ketua dan wakil dari seluruh pengurus provinsi (pengprov), pengurus kota (pengkot), dan pengurus kabupaten (pengkot).

Perbasi sebelumnya dipimpin oleh Danny Kosasih. Namun, sosok yang akrab disapa Susuk itu tidak bisa menyelesaikan jabatannya karena meninggal dunia pada 5 September 2024.

Setelah Danny wafat, tongkat kepimpinan Perbasi pun diserahkan kepada Ardima Rama Putra yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Perbasi hingga Musyawarah Nasional.