Bagikan:

JAKARTA – Lifter andalan Indonesia, Rizki Juniansyah, akan didampingi oleh sang ibunda, Yeni Rohaeni Durachim, ketika tampil di Olimpiade Paris 2024.

Rizki akan bertanding dalam kelas 73 kilogram pada Jumat, 9 Agustus 2024, pukul 00.30 WIB. Sang ibu pun datang ke Paris bersama kakaknya, Riska Anjani Yasin, untuk menemani langsung sang atlet.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Rosan Perkasa Roeslani, menjelaskan kehadiran Yeni sangat dibutuhan oleh Rizki.

"Kami berkoordinasi dengan NOC Indonesia dan CdM Anindya Bakrie untuk bisa menghadirkan orang tua Rizki. Ini langsung di respons CdM dengan baik. Kehadiran orang tuanya menambah kekuatan Rizki," ujar Rosan.

Ibunda Rizki terlihat bahagia saat mengunjungi anaknya yang tengah menginap di Athlete Village. Dia datang membawa tas berisi makanan favorit Rizki.

"Iya, ini makanan buat Rizki biar sehat. Dia suka rendang, suwir ayam, dan sambal goreng kentang," tutur Yeni.

Rizki akan menjadi andalan Indonesia untuk mengantongi medali emas. Angkat besi jadi salah satu harapan terbesar Indonesia saat ini.

Yeni pun meminta doa dari masyarakat Indonesia agar Rizki prima dan bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik pada saat pertandingan nanti.

"Tentu saya juga deg-degan. Saya pesan sama Rizki, nomor satu supaya diberi kesehatan, kekuatan, dan kelancaran segalanya," ujar Yeni.

Rizki memang sangat dekat dengan ibunya. Sang lifter bahkan punya kebiasaan memuliakan ibunya dalam berbagai hal, seperti ritual mencuci kaki ibunya dan meminum air tersebut.

Seperti saat mengikuti kejuaraan IWF World Cup 2024 di Thailand, Rizki mencuci kaki ibunya dan meminum airnya. Rizki mengaku selalu merasakan adanya kekuatan tersendiri ketika melakukan hal tersebut.

"Saya sebelum ikut kejuaraan itu biasanya mencuci tangan dan kaki ibu dengan air lalu airnya saya minum," ujar Rizki beberapa waktu lalu.