Bagikan:

JAKARTA – Atlet angkat besi Indonesia peraih medali emas Olimpiade Paris 2024, Rizki Juniansyah, dilarang menikah muda oleh ibundanya, Yeni Rohaeni.

Yeni menolak anaknya menikah muda karena saat ini dia masih berusia sangat muda. Ia mengatakan bahwa menikah muda bisa berisiko pada karier Rizki ke depan.

"Jangan dulu (menikah). Takut menyesal. Kalau bisa karier dan prestasi (terlebih dahulu)," ujar Yeni dalam acara Meet and Greet VISA Team Rizki Juniansyah di Jakarta pada Rabu, 28 Agustus 2024, siang WIB.

Rizki, yang merupakan lifter pertama Indonesia yang mendapat medali emas Olimpiade, saat ini baru berusia 21 tahun. Dengan demikian, ia masih memiliki jalan karier yang panjang.

Rizki mengatakan bahwa daftar target dia ke depan masih begitu banyak sehingga belum berpikir untuk melepas masa lajangnya. Ia bertekad ingin kembali mengharumkan nama Indonesia di pentas-pentas penting lainnya.

"Target saya, tiga kali Olimpiade dapat emas, baru menikah. Kalau kuat," ujar atlet kelahiran Serang, Banten, itu diikuti tawa.

Rizki naik podium tertinggi di kelas 73 kilogram ketika tampil di Olimpiade Paris 2024. Ia keluar sebagai yang terbaik dengan total angkat 354 kg (snatch 155 kg dan clean & jerk 199 kg).

Ia tercatat mengalahkan atlet Thailand, Weeraphon Wichuma, yang membawa pulang medali perak dan lifter Bulgaria, Bozhidar Andreev, yang mengantongi perunggu.

Rizki selanjutnya mempersiapkan untuk PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 yang akan dimulai pada 8 September 2024. Pada ajang itu, Rizki akan turun di kelas 89 kilogram mewakili Provinsi Banten.