Bagikan:

JAKARTA - Yeom Ki-hun resmi menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong untuk menangani Timnas Indonesia. PSSI lewat Ketua Umum (Ketum), Erick Thohir, punya alasan merekrut pelatih 41 tahun tersebut.

Erick menyebut bahwa Yeom Ki-hun ditunjuk untuk membantu Shin Tae-yong. Pasalnya, Skuad Garuda masih memiliki kelemahan dalam mengonversi peluang dalam sejumlah pertandingan.

"Untuk memperkuat Timnas Indonesia harus memperkuat tim, medis, pelatih. Kalau pelatih, salah satu kelemahan kita ketika bermain beberapa kali waktu lawan Irak, tidak bisa menciptakan gol, tapi dua kali (kebobolan)," ucap Erick Thohir di Jakarta dikutip pada Rabu, 7 Agustus 2024.

"Jadi bagaimana meningkatkan kualitas dari kiper dan striker? Ya dengan pelatih yang lebih baik. Pelatih kiper kita baik, sekarang Shin Tae-yong menambah pelatih striker," ungkapnya.

Keputusan merekrut Yeom bukan tanpa sebab. Latar belakang sang pelatih memang cukup mentereng. Yeom adalah mantan pemain Timnas Korea Selatan yang tampil pada era 2006-2018.

Pria 41 tahun ini mencatatkan 57 penampilan dan mengoleksi lima gol. Yeom juga mantan pelatih Suwon FC.

Saat Shin Tae-yong melatih Timnas Korea Selatan pada 2017-2018, Yeom masih aktif sebagai pemain yang jadi salah satu pilihan winger Taegeuk Warriors.

Keputusan untuk merekrut asisten pelatih ini dilakukan PSSI sebagai upaya maksimal jelang perjuangan Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia mulai September 2024.

Pada agenda itu, Skuad Garuda berada di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Pada 6 September 2024, Indonesia akan melawan Arab Saudi di Riyadh. Kemudian, pada 10 September 2024 menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.