Bagikan:

JAKARTA – Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, berhasil lolos ke perempat final nomor speed putra Olimpiade Paris 2024.

Veddriq memulai perjalanannya di Paris pada Selasa, 6 Agustus 2024, malam WIB. Ia mengawali penyisihan (seeding heats) dengan catatan waktu waktu 4,79 detik.

Catatan waktu itu membuatnya menyamai rekor dunia milik pemajat Amerika Serikat, Samuel Watson. Namun, rekor tersebut kemudian kembali dipecahkan oleh Samuel di elimination heats.

Pada babak eliminasi, Samuel Watson mencatakan waktu 4,75 detik dan menduduki urutan pertama. Sementara itu, Veddriq mengekor di urutan kedua dengan catatan waktu terbaiknya dari seeding heats 4,79 detik.

Pada elimination heats, Veddriq berhadapan dengan rekan senegaranya, Rahmad Adi Mulyono, yang sebelumnya mencatatkan waktu 5,07 detik saat mengambil lane B di seeding heats.

Pada saat mengambil lane A, Rahmad harus mengalami false start. Meski demikian, catatan waktu 5,07 detik pada lane B berhasil membawanya ke babak elimination heats.

Pada elimination heats, Veddriq berhasil mengalahkan Rahmad Adi dengan catatan waktu 4,98 detik. Sementara itu, Rahmad Adi menyelesaikan babak ini dengan waktu 5,13 detik.

Langkah Veddriq pun terus berlanjut ke perempat final setelah catatan terbaiknya di seeding heats 4,79 detik bertengger di urutan kedua tercepat.

Adapun langkah Rahmad Adi Mulyono harus terhenti karena catatan waktu terbaiknya di seeding heats 5,07 detik digeser oleh catatan waktu Alipour Alireza asal Iran (5,06 detik) pada seeding heats saat ia mengambil lane A.

Indonesia sebelumnya sudah berhasil menempatkan dua wakil atlet speed putri (Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Salsabillah) di perempat final.

Babak perempat final putri akan dihelat pada Rabu, 7 Agustus 2024, sementara nomor putra berlangsung pada Kamis, 8 Agustus 2024.