Bagikan:

JAKARTA – Atlet panjat tebing Veddriq Leonardo gagal membawa pulang medali dari Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

Atlet asal Kalimantan Barat tersebut harus merelakan peluang meraih medali emas nomor speed WR perorangan putra setelah langkahnya terhenti di babak perempat final pada Rabu, 11 September 2024.

Hasil ini sangat mengejutkan karena atlet berusia 27 tahun tersebut adalah peraih medali emas di Olimpiade Paris 2024, acara yang baru saja berakhir pada Agustus 2024.

Veddriq tersingkir di babak perempat final setelah kalah melawan wakil Jawa Tengah, Kiromal Katibin, ketika mereka berduel di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Raihan tersebut menambah catatan muram yang diraih Veddriq dalam PON 2024. Ia sebelumnya ia harus puas hanya dikalungi medali perunggu dari nomor speed relay putra pada Minggu, 8 September 2024.

Veddriq mendapat medali emas dari nomor speed putra di Olimpiade Paris 2024 setelah di babak final menghentikan lawannya asal China, We Peng, dengan selisih hanya 0,02 detik.

Pada PON Aceh-Sumut 2024 cabang olahraga (cabor) panjat tebing mempertandingkan total 16 nomor. Empat di antaranya sudah final, yakni combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, serta speed relay putra dan putri.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.