Bagikan:

JAKARTA – Veddriq Leonardo mempersembahkan medali emas Olimpiade Paris 2024 untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Atlet panjat tebing asal Pontianak itu meraih emas setelah menjadi yang terbaik dari nomor speed putra mengalahkan wakil China, Wu Peng, di partai final, Kamis, 8 Agustus 2024, petang WIB.

"Medali emas ini berkah dan ini juga merupakan kerja keras, usaha, dedikasi semua tim pelatih, atlet, teman keluarga yang telah memberikan doa serta dukungan. Ini juga kado buat Indonesia di ulang tahun ke-79," ujar Veddriq.

Keberhasilan di Paris membuat Veddriq mencatatkan sejarah sebagai peraih medali emas pertama buat Indonesia dari cabang olahraga lain di luar bulu tangkis.

Ini juga merupakan medali emas pertama sejak nomor speed dipertandingkan perseorangan dalam sejarah Olimpiade. Sebelumnya di Tokyo, lead border dan speed masih digabung.

"Olahraga ini baru, tetapi diberi kepercayaan dan bisa dibuktikan dengan meraih emas. Bersyukur untuk pencapaian ini dan saya pun bangga atas pencapaian ini," kata Veddriq.

Ini adalah medali kedua Indonesia dari Olimpiade Paris 2024. Satu medali perunggu sebelumnya diamankan oleh pebulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Sementara itu, medali perunggu dari nomor speed putra medali direbut oleh Samuel Watson (Amerika Serikat). Dia naik podium ketiga usai mengalahkan Reza Ali Pour (Iran).