Bagikan:

JAKARTA - Maroko menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Olimpiade 2024. Di laga perempat final di Stadion Parc des Princes, Jumat, 2 Agustus 2024 malam WIB, Maroko menghancurkan Amerika Serikat 4-0.

Maroko meraih sukses gemilang. Tampil di Olimpide, mereka berhasil membuat kejutan. Pada laga pembuka, Maroko menghajar Argentina 2-1. Menariknya, Argentina diperkuat tiga pemain, termasuk Julian Alvarez, yang baru saja mengantarkan timnas memenangi Copa America 2024.

Saat berlaga di Paris, mereka berhasil menembus semifinal. Ini untuk kali pertama Maroko mencapai empat besar. Sebelumnya, mereka selalu gagal di penyisihan grup. Bahkan pada dua edisi terakhir, 2016 dan 2020, Maroko tidak lolos Olimpiade.

Saat berhasil mendapatkan tiket ke Paris, Maroko yang diperkuat salah satu pemain senior Achraf Hakimi justru bisa lolos ke semifinal. Sebelumnya, tim senior Maroko pun mencapai semifinal dan menduduki peringkat empat Piala Dunia 2022.

Di pertandingan melawan AS, Maroko menunjukkan penampilan terbaik. Mereka bermain terbuka sehingga bisa menekan pertahanan AS.

Hanya serangan mereka pada menit-menit pertama pertandingan masih bisa digagalkan barisan pertahanan AS. Namun usaha pemain Maroko akhirnya membuahkan hasil saat mendapat hadiah penalti di menit 29.

Striker Soufiane Rahimi pun sukses menuntaskan eksekusi penalti. Keunggulan 1-0 Maroko atas AS bertahan sampai akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Maroko bermain lebih agresif. Usaha tim asuhan Tarik Sektioui pun membuahkan hasil di menit 63. Kali ini, pemain sayap Ilias Akhomach memperbesar keunggulan Maroko. Dirinya sukses menuntaskan assist dari Abdessamad Ezzalzouli .

Unggul 2-0 menjadikan tim Maroko bermain lebih rileks. Meski demikian mereka tetap menguasai permainan. Bahkan Maroko memantapkan keunggulan saat Hakimi yang seperti bermain di kandang sendiri mencetak gol d menit 70.

Gol pemain Paris Saint-Germain yang bermarkas di Parc des Princes ini meruntuhkan moral pasukan AS. Usaha mereka mengejar ketinggalan pun pupus sudah.

Apalagi Maroko kemudian kembali mendapat hadiah penalti pada injury time. Pemain depan El Mehdi Maouboub yang masuk menggantikan Rahimi sukses menuntaskan eksekusi tersebut.

Skor berubah menjadi 4-0 untuk Maroko dan bertahan sampai akhir pertandingan. Di semifinal, Maroko menghadapi pemenang Jepang yang melawan Spanyol.