Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 baru saja menjadi juara Piala AFF U-19 2024 setelah menekuk Thailand U-19 1-0 pada partai final di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin, 29 Juli 2024.

Gol semata wayang kemenangan Garuda Muda dicetak Jens Raven pada menit ke-17. Dia memanfaatkan second ball dari situasi sepak pojok.

Gol itu sekaligus menjadi jawaban akan keraguan publik soal kontribusi striker naturalisasi tersebut.

Sebelumnya di fase grup, sempat muncul tekanan bahwa kontribusi striker dalam mencetak gol minim ketimbang dua bek tengah, Iqbal Gwijangge dan Kadek Arel.

Namun, perlahan Jens membuktikan. Ketika mulai dipercaya menjadi starter, dia menambah pundi-pundi golnya.

Bahkan, Jens Raven menjadi top skor Indonesia U-19 dengan total empat gol sepanjang Piala AFF U-19 2024.

Terlebih, satu golnya berkontribusi penting membawa Garuda Muda menjadi jawara.

"Sangat luar biasa, bisa cetak gol di final, di tengah stadion yang ramai oleh fans ini. Saya bisa menang di hadapan para fans."

"Bisa tampil di turnamen ini dengan baik, lalu menjadi juara, sungguh momen yang sangat emosional bagi saya. Ini adalah turnamen resmi pertama saya bersama Indonesia," kata Jens Raven selepas laga.

Hanya saja, Jens Raven gagal mengejar prediket top skor Piala AFF U-19 2024. Dia kalah satu gol dari pemain Australia U-19, Jake Najdovski.

Terlepas dari itu, selain menjadi juara turnamen, penggawa Indonesia U-19 menyabet dua gelar individual.

Kapten Dony Tri Pamungkas dinobatkan sebagai Pemain Terbaik, sementara Ikram Algiffari menyandang predikat Kiper Terbaik Piala AFF U-19 2024.