Bagikan:

JAKARTA - Liverpool telah menolak tawaran untuk gelandang Jepang, Wataru Endo, dan bek Belanda, Sepp van den Berg.

Tawaran untuk Endo senilai 11,8 juta pound datang dari klub Perancis, Olympique de Marseille.

Marseille tertarik mendatangkan pemain 31 tahun itu karena bisikan manajer baru, Roberto de Zerbi.

Sebagaimana diketahui, pelatih asal Italia itu sudah melawan Endo ketika masih menjadi pelatih Brighton musim lalu.

De Zerbi jelas paham betul bagaimana kualitas Endo meski belum pernah bekerja bersama. Namun, Liverpool memagari pemain Timnas Jepang itu yang punya kontrak hingga 2027.

The Reds juga menyadari bahwa ada minat lebih lanjut terhadap sang gelandang bertahan tersebut dari klub-klub Jerman, selain Marseille.

Hanya saja, mereka menegaskan Endo tetap bertahan di Anfield, khususnya musim depan.

Pemain berusia 31 tahun itu bergabung Liverpool dari Stuttgart dengan kontrak empat tahun. Ia dibeli dengan harga sekitar 16,2 juta pound pada Agustus 2023.

Dia tampil 43 kali, termasuk 20 kali sebagai starter di Liga Inggris musim lalu. Endo membantu The Reds memenangi Piala Liga pada musim debutnya di Anfield.

Sementara itu, Liverpool juga harus kerja keras untuk mempertahankan Van den Berg.

Mainz terang-terangan ingin mempermanenkan bek 22 tahun itu dengan status transfer setelah tampil mengesankan sebagai pemain pinjaman.

Van den Berg dipinjamkan ke Mainz musim lalu. Dia bermain dalam 33 laga liga dan mencetak tiga gol saat membantu Mainz bertahan di Bundesliga.

Hanya saja, Manajer Liverpool, Arne Slot belum mau melepas pemain mana pun karena manuver transfer mereka di bursa musim panas ini lesu.

Hingga kini, Si Merah belum melakukan perekrutan pemain baru.

Tak heran, sama seperti Endo, Slot memilih mempertahankan Van den Berg. Mainz pun akhirnya mundur lantaran Liverpool membanderol harga di luar perkiraan.

Klub Bundesliga itu awalnya meyakini nilai Van den Berg berkisar 8,4 juta pound. Namun, The Reds mematok harga mendekati 20 juta pound untuk bek tengah tersebut.

Van den Berg saat ini sedang bersama Liverpool dalam tur pramusim mereka di Amerika Serikat. Dia sempat menjadi starter dalam kemenangan melawan Real Betis.

Bek 22 tahun itu bergabung Liverpool dari PEC Zwolle pada Juni 2019. Sejak itu, ia dipinjamkan ke Preston, Schalke 04, dan Mainz.

Selain Mainz, klub Eredivisie, PSV Eindhoven, juga dikabarkan membidik Van den Berg. Namun, mereka belum mengajukan penawaran resmi.