Bagikan:

JAKARTA - Liverpool masih membuka peluang menjual Wataru Endo. Celtic dalam posisi bersiap menampung gelandang asal Jepang itu.

Pemain rekrutan era Jurgen Klopp itu tengah terpuruk di Anfield.

Manajer baru The Reds, Arne Slot, diyakini lebih memilih Ryan Gravenberch dan Stefan Bajcetic untuk posisi gelandang bertahan.

Hal itu membuat masa depan Endo, yang ingin bermain di tim utama musim ini, diragukan.

Marseille telah menolak tawaran untuk pemain 31 tahun tersebut pada jendela transfer musim panas ini. Namun, mereka bisa mengajukan tawaran baru sebelum bursa ditutup.

Hanya saja, jika masih menginginkan Endo, saat ini Marseille punya pesaing. Celtic yang ditukangi eks manajer Liverpool, Brendan Rogers, terdepan dalam mendapat tanda tangan Endo.

Soalnya, Celtic berniat menjadikan Endo sebagai pilar utama yang diyakini dapat membantu meningkatkan tim, baik di dalam negeri maupun Eropa.

Masalahnya sekarang tinggal di harga Endo. Biaya transfer yang diperkirakan sekitar 15 juta pound masih dianggap terlalu mahal buat Celtic.

Marseille bisa menikung Celtic dalam urusan harga andai mereka benar-benar serius.

Sementara itu, pada awal bulan ini dilaporkan bahwa Liverpool bersedia menjual Endo jika mereka mampu menggantikannya dengan Martin Zubimendi.

Namun, itu bukan opsi utama. The Reds tetap bisa melepas Endo meski tak bisa bisa mendapatkan Zubimendi.

Liverpool telah bermanuver giat di lantai bursa untuk mendatangkan gelandang baru. Hal itu juga diutarakan legenda The Reds, Jamie Carragher.

Dia mengungkapkan bahwa Liverpool membutuhkan banyak tenaga di lini kedua agar bisa lebih kompetitif pada musim 2024/2025.

"Liverpool jelas kekurangan tenaga dan tenaga di lini tengah. Anda memikirkan bagaimana mereka menyelesaikan musim lalu dengan tiga gelandang, Alexis Mac Allister, Endo, dan Harvey Elliott."

"Semuanya memiliki kekuatan hebat, tetapi tidak ada yang bisa berlari. Ketika saya melihat posisi itu, saya katakan itu menakutkan," ujar Carragher di The Overlap.

Opsi melepas Endo dinilai sebagai pilihan tepat dibanding kehilangan Mac Allister dan Elliott yang usianya lebih muda.

Uang dari penjualan Endo bisa dipakai untuk membeli gelandang anyar yang lebih bertenaga.