Bagikan:

JAKARTA - Argentina diprediksi akan melakukan sedikit perubahan dari susunan pemain yang mengalahkan Kanada kurang dari seminggu lalu saat menghadapi Kolombia di final Copa America 2024.

Argentina datang ke Copa America tahun ini sebagai favorit juara. La Albiceleste hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk membuktikan ekspektasi dunia. Tim asuhan Lionel Scaloni dengan mudah menempati puncak Grup A, kemudian mengalahkan Ekuador dan Kanada untuk mencapai final pada Minggu 14 Juli, di Hard Rock Stadium, Florida.

Kesuksesan Argentina memungkinkan Scaloni untuk mengistirahatkan dan merotasi pemain sepanjang turnamen, namun manajer ini akan menurunkan susunan pemain terbaiknya untuk menghadapi Kolombia, tim yang tidak terkalahkan selama lebih dari dua tahun. Tanpa cedera atau suspensi yang mengganggu juara bertahan, mereka akan berada dalam kekuatan penuh untuk malam yang berpotensi bersejarah di Florida.

Di bawah mistar, Emiliano Martínez akan menjadi pilihan utama setelah hanya kebobolan satu gol sepanjang turnamen. Nahuel Molina diperkirakan akan kembali mengisi posisi bek kanan menggantikan Gonzalo Montiel yang dimainkan di semifinal. Duet bek tengah akan diisi oleh Cristian Romero dan Lisandro Martínez, dengan Nicolas Tagliafico yang tetap mengisi posisi bek kiri setelah menunjukkan performa konsisten sepanjang turnamen.

Lini tengah akan dihuni oleh Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, dan Alexis Mac Allister. De Paul akan memainkan peran lebih defensif untuk membantu mengunci lini tengah Kolombia yang dipimpin oleh James Rodriguez. Sementara itu, Fernandez yang telah pulih dari operasi pangkal paha diharapkan dapat menambah soliditas lini tengah, dan Mac Allister yang tampil impresif sepanjang turnamen akan menjadi andalan untuk menciptakan peluang.

Di lini depan, Angel Di Maria akan kembali mengisi posisi sayap kanan setelah absen dalam beberapa pertandingan sebelumnya. Lionel Messi yang mencetak gol pertamanya di turnamen ini pada semifinal akan menjadi ujung tombak serangan bersama Julian Alvarez yang mencetak gol kemenangan melawan Kanada.

Luis Diaz (Kolombia)

Di sisi Kolombia, pelatih Nestor Lorenzo harus melakukan beberapa perubahan setelah Daniel Munoz diusir keluar lapangan melawan Uruguay di semifinal dan Richard Rios mengalami cedera. Camilo Vargas akan tetap menjadi kiper utama dengan tiga clean sheet sepanjang turnamen. Santiago Arias akan menggantikan Munoz di posisi bek kanan, sementara Davinson Sanchez dan Carlos Cuesta akan menjadi duet bek tengah dengan Johan Mojica di posisi bek kiri.

Lini tengah Kolombia akan diisi oleh Mateus Uribe dan Jefferson Lerma jika Rios tidak fit untuk bermain. Jhon Arias, James Rodriguez, dan Luis Diaz akan mendukung Jhon Cordoba di lini serang. Rodriguez yang mencatatkan enam assist di turnamen ini akan menjadi kunci dalam menciptakan peluang bagi Kolombia untuk menembus pertahanan Argentina yang solid.

Final Copa America 2024 yang akan digelar di Hard Rock Stadium, Florida, ini diprediksi akan menjadi pertandingan yang sangat menarik, dengan kedua tim berada dalam performa terbaik mereka dan berjuang untuk meraih gelar juara