Bagikan:

JAKARTA – Kelalaian yang dilakukan oleh Induk Bulu Tangkis Internasional (BWF) dalam menghitung poin menuju Olimpiade Paris 2024 membuat tuan rumah Perancis punya dua ganda putra yang mendapat tiket lolos.

Pasangan terbaru yang dipastikan tampil ialah Ronan Labar/Lucas Corvee. Mereka lolos setelah menang gugatan ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) atas perkara salah hitung poin.

Ronan/Lucas nanti akan menemani rekan mereka, Christo Popov/Toma Junior Popov. Dengan demikian, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Perancis punya dua ganda putra bermain di Olimpiade.

Setelah tur Eropa, Ronan/Lucas sebenarnya berada di peringkat teratas Race to Olympic dibanding Popov bersaudara. Namun, buntut kesalahan yang dibuat oleh BWF malah menggeser mereka di tempat tidak aman dan Popov bersaudara yang lolos.

Ronan/Lucas pun kemudian menempuh jalur banding karena kesal dengan masalah ini. Usaha itu pun membuahkan hasil dan CAS pun memerintahkan mereka diikutsertakan dalam Olimpiade Paris 2024.

BWF lantas menunggu keputusan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan ternyata diperbolehkan. Itu otomatis membuat entri di nomor ganda putra bertambah menjadi 17 pasangan.

Seluruh peserta akan terbagi ke dalam empat grup di fase penyisihan nomor ganda putra. Dengan masukannya Ronan/Lucas, maka salah satu grup dipastikan akan dihuni oleh lima pasangan.

Pengundian cabang olahraga Olimpiade 2024 akan berlangsung di kantor BWF, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat, 12 Juli 2024, pukul 15.00 WIB. Cabor ini akan berlomba mulai 27 Juli sampai 5 Agustus 2024.

Sementara itu, Indonesia punya sembilan atlet bulu tangkis yang akan tampil di Paris nanti. Detailnya, ada pasangan ganda putra, campuran, dan putri serta tiga atlet lainya dari nomor tunggal putri dan putra.

Tunggal putra punya sebanyak dua wakil yang berangkat ke sana atau terbanyak dibanding dengan sektor lainnya. Kedua nama tersebut ialah Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.