Bagikan:

JAKARTA – Undian ganda putra cabang olahraga (cabor) bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 menempatkan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Grup C.

Fajar/Rian, yang merupakan mantan nomor satu dunia, dipastikan terhindar masuk grup yang berjumlah lima pasangan setelah hasil drawing selesai digelar pada Senin, 15 Juli 2024.

Grup C dihuni mantan nomor satu dunia asal India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, wakil Jerman Mark Lamsfuss/Marvin Seidel, dan pasangan tuan rumah Ronal Labar/Lucas Corvee.

Jika melihat calon-calon lawan maka peluang Fajar/Rian untuk mencapai babak perempat final terbuka lebar. Lawan terberat mereka tentunya hanya pasangan Satwiksairaj/Chirag.

Di atas kertas, Fajar/Rian tercatat sudah bersua dengan pasangan tersebut sebanyak lima kali. Namun, rekor menang-kalah mereka masih inferior, yaitu 2-3.

Adapun Fajar/Rian sudah bertemu empat kali dengan pasangan Jerman. Mereka mendominasi dengan rekor menang-kalah 3-1, yang semua kemenangan terjadi di tiga bentrok terbaru mereka.

Fajar/Rian juga diunggulkan melawan Ronan/Lucas. Dalam satu-satunya bentrok kompetitif mereka pada 2021, Fajar/Rian menang dengan mudah dua gim langsung.

Undian cabor bulu tangkis sebenarnya sudah dilakukan pada Jumat, 12 Juli 2024, bersama dengan empat sektor lainnya. Namun, BWF memutuskan menundanya karena lolosnya Ronan/Lucas.

Ronan/Lucas pada awalnya tidak mendapat tiket ke Olimpiade 2024. Namun, kesalahan hitung poin yang dilakukan BWF membuat mereka menempuh jalur banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dan dikabulkan.

Keputusan CAS itu membuat Perancis untuk pertama kalinya dalam sejarah punya dua pasangan ganda putra tampil di Olimpiade. Selain itu, ini pertama kalinya ganda putra diikuti 17 pasangan.

Imbas dari masalah itu ialah selama babak penyisihan, ada satu grup yang dipastikan punya lima pasangan. Beruntung Fajar/Rian terhindar masuk ke dalam grup tersebut.