Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Spanyol Dani Olmo tak mempersoalkan siapa yang mencetak gol kedua di laga semifinal Euro 2024 melawan Perancis. Terpenting, Spanyol menang 2-1 dan lolos ke final. Olmo mengaku tak percaya Spanyol bisa mencapai final untuk kelima kalinya.

Olmo mencetak gol kedua Spanyol dalam laga di Stadion Football Arena, Rabu 10 Juli 2024 dini hari WIB. Dirinya melakukan penetrasi ke kotak penalti sebelum melepaskan tendangan ke gawang.

Hanya bola sempat mengenai bek Perancis Jules Kounde sehingga sedikit berbelok arah. Kiper Mike Maignan pun terkecoh. Meski demikian itu dinyatakan bukan gol bunuh diri Kounde tetapi gol dari Olmo.

Gol kedua itu membawa Spanyol lolos ke final untuk kelima kalinya dalam sejarah Piala Eropa. Tampil lima kali di laga puncak, La Roja tercatat tiga kali menjadi juara di Euro 1964, 2008 dan 2012.

Olmo tak masalah siapa yang mencetak gol tersebut. Menurut dia yang penting Spanyol tampil maksimal dan pantas lolos ke final setelah menyingkirkan tim asuhan Didier Deschamps.

"Masih ada satu langkah lagi. Dan, kami selangkah lagi untuk meraih kejayaan," kata Olmo yang seperti setengah tak percaya dengan keberhasilan Spanyol.

"Yang jelas sulit dipercaya kami bisa mencapai final. Tak masalah siapa yang mencetak gol itu karena yang penting adalah tim. Kami pantas menang," ucap pemain RB Leipzig ini.

Olmo menuturkan tim menunjukkan permainan terbaik dan memberi respons cepat saat tertinggal lebih dulu melalui gol cepat striker Paris Saint-Germain Randal Kolo Muani. Spanyol memberi respons saat Lamine Yamal membobol gawang Maignan dengan gol indahnya.

"Kami memang kebobolan lebih dulu, tetapi kami menunjukkan tak pernah menyerah. Lalu Lamine mencetak gol yang luar biasa," kata Olmo yang tak mempersoalkan siapa lawan Spanyol berikutnya.

"Di final, kami tak peduli siapa yang menjadi lawan kami," ujar dia lagi.

Pemain bernama lengkap Daniel Olmo Carvajal ini pun tercatat sebagai pemain Spanyol pertama yang selalu mencetak gol di babak knockout di turnamen besar.

Dengan mengemas tiga gol, pemain binaan Barcelona saat masih yunior ini menjadi top skor Euro 2024 bersama Cody Gakpo (Belanda), Georges Mikautadze (Georgia) Jamal Musiala (Jerman) dan Ivan Schranz (Slovakia).

Namun persaingan menjadi top skor tinggal menyisakan Olmo dan Gakpo karena timnya masih bertahan. Sedangkan tiga pesaingnya sudah tak bisa menambah gol.

Sementara, bek Nacho menuturkan tim menunjukkan kematangan mental dan karakter yang kuat di pertandingan itu. Mereka mengalami kesulitan dan kebobolan lebih dulu saat laga baru berjalan sembilan menit. Hanya saja mereka mampu bangkit untuk memenangkan pertandingan.

"Saya tentu bahagia tetapi juga merasa lelah setelah pertandingan ini. Namun saya merasakan ini laga yang sangat emosional bagi seluruh warga negara kami," ucap Nacho.

"Kami menunjukkan karakter kuat dan kematangan mental. Kami menunjukkan bagaimana saat kami menghadapi kesulitan," kata bek tengah yang akan bermain di Arab Saudi dengan memperkuat Al Qadsiah musim depan setelah menghabiskan 15 tahun kariernya d Real Madrid.

Di laga itu, Spanyol tampil maksimal meski kehilangan beberapa pemain pilar. Gelandang Pedri sudah pasti tak bisa lagi bermain karena cedera serius. Sedangkan bek Dani Carvajal absen setelah mendapat kartu merah di laga melawan Jerman di perempat final.

Keberhasilan melangkah ke final menjadikan pasukan Luis de la Fuente akan bertemu Belanda atau Inggris. Kedua tim akan melakoni laga semifinal pada Kamis, 11 Juli 2024 dini hari WIB.