Bagikan:

JAKARTA - Uruguay berhasil memetik kemenangan tipis 1-0 di laga ketiga Grup C Copa America 2024. Kemenangan itu berarti besar sebab membuat Amerika Serikat yang merupakan tuan rumah harus angkat koper dari turnamen.

Pada laga yang digelar di Arrowhead Stadium, Selasa, 2 Juli 2024, pagi WIB. Drama menyakitkan mesti diterima Amerika Serikat.

Tampil di hadapan pendukung sendiri, tim asuhan Gregg Berhalter dihadapkan pada 45 menit babak pertama yang menegangkan. The Yanks yang butuh kemenangan mencoba mengambil inisiatif penyerangan.

Peluang pertama datang saat laga berjalan delapan menit, tapi sundulan Ream masih melambung. Pelan-pelan Uruguay mulai memberikan perlawanan lewat serangan cepat.

Pada menit ke-27 Folarin Balogun lolos dari kawalan hingga masuk ke dalam kotak penalti Uruguay. Namun, ia gagal melesakkan bola setelah diadang kiper Rochet.

Setelah itu, giliran Uruguay yang mendapat kesempatan mencetak gol. Melalui serangan dari sisi kanan, bola operan diteruskan Darwin Nunez, tapi tendangannya masih melenceng.

Peluang kedua diperoleh Uruguay jelang babak pertama berakhir. Bola umpan lambung mengarah kepada Facundo Pellistri, tapi sepakannya meleset dari sasaran dan membuat babak pertama bertahan tanpa gol.

Saat babak kedua bergulir, Amerika Serikat sudah mendapat peluang. Memanfaatkan bola di depan kotak penalti Uruguay, Weston McKennie berusaha membuka angka, tapi sayang tendangannya terlalu kencang dan melambung.

Uruguay nyaris membuka keunggulan pada awal babak kedua. Bola yang diumpan ke lini pertahanan Amerika Serikat ditanduk Nicolas de la Cruz, tapi arah bola jatuh di samping gawang.

Peluang kembali diperoleh Uruguay untuk membuka skor. Mendapat bola dari lini tengah, Valverde langsung melepaskan tendangan keras, tapi arahnya melebar.

Usaha anak asuh Marcelo Bielsa akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-66. Lewat kemelut di depan gawang Amerika Serikat, bola liar langsung disambar Mathias Olivera yang membuat kedudukan berubah 1-0 untuk Uruguay.

Amerika Serikat memperoleh peluang emas untuk menyamakan skor pada menit ke-74. Bermula dari kesalahan koordinasi kiper Uruguay, bola diarahkan kepada Pulisic, tapi sayang tendangannya masih membentur bek lawan.

Memasuki 10 menit akhir, Amerika Serikat masih terus menggedor lini belakang Uruguay yang terus bertahan memelihara keunggulan. Namun, sampai wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 tetap bertahan untuk Le Celeste.