Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Jerman mungkin  bisa kembali mengandalkan Antonio Rudiger dalam pertandingan babak 16 besar Euro melawan Denmark, Sabtu 29 Juni atau Minggu dini hari WIB. Rüdiger sudah berlatih pada  Jumat 28 Juni, memberikan harapan akan kebugarannya, meski belum ada jaminan bahwa ia akan bermain.

Pada Jumat pagi, ketika para pemain Jerman datang ke lapangan latihan di Herzogenaurach sekitar pukul 11.00 waktu setempat, Antonio Rüdiger termasuk di antara mereka. Ini memberikan harapan bahwa bek tengah tersebut bisa tampil pada pertandingan babak 16 besar Euro melawan Denmark pada Sabtu (pukul 18.00 waktu setempat) di Dortmund.

Pemain berusia 31 tahun dari Real Madrid ini mengalami cedera otot paha pada pertandingan melawan Swiss yang berakhir 1-1 di Frankfurt. Sejak cedera itu ia belum berlatih bersama tim. Pada sesi latihan terakhir, Rüdiger melakukan uji beban, dan hasilnya masih harus ditunggu. Dalam 15 menit pertama latihan yang diizinkan untuk disaksikan oleh wartawan, Rüdiger tampak menyelesaikan latihan tanpa masalah dan terlihat menikmati.

Jika Rudiger tidak fit untuk menjadi starter melawan Denmark, pelatih kepala Julian Nagelsmann harus merombak seluruh lini pertahanannya. Dalam tiga pertandingan Euro, Rudiger selalu berduet dengan Jonathan Tah  di pusat pertahanan empat pemain. Namun, Tah terkena skorsing setelah menerima kartu kuning kedua melawan Swiss dan tidak bisa bermain pada Sabtu. Nico Schlotterbeck diharapkan menggantikan Tah, setelah mendapat kesempatan bermain sebagai pengganti di Frankfurt sejak menit ke-60.

Namun, siapa yang akan menggantikan Rüdiger jika diperlukan? Banyak yang mendukung Waldemar Anton untuk mengisi posisi tersebut, menciptakan pasangan bek tengah yang mungkin lebih sering terlihat di Dortmund musim depan. Anton, yang sebelumnya menjadi kapten VfB Stuttgart, telah memutuskan untuk pindah ke Borussia Dortmund, klub yang telah diperkuat Schlotterbeck sejak 2022.

Nagelsmann masih memiliki opsi lain seperti Robin Koch, yang belum tampil di Euro seperti Anton - satu-satunya pemain selain Benjamin Henrichs yang belum bermain. Juga ada Emre Can, yang biasanya berperan sebagai gelandang bertahan tetapi telah beberapa kali bermain sebagai bek tengah untuk timnas dan Dortmund.

Timnas Jerman akan berangkat dari Herzogenaurach ke Dortmund pada pukul 15.30, kali ini bukan dengan bus, melainkan dengan pesawat dari Nürnberg. Konferensi pers terakhir Nagelsmann dijadwalkan pukul 19.00, yang juga akan dihadiri oleh Robert Andrich. Up-date tentang kondisi Rüdiger akan diberikan pada saat itu.