Bagikan:

JAKARTA  – Ukraina menunjukkan kebangkitan luar biasa dengan meraih kemenangan 2-1 atas Slovakia dalam pertandingan Grup E di UEFA EURO 2024 di Stadion Düsseldorf Arena. Meski sempat tertinggal, Ukraina tampil gemilang di babak kedua dan berhasil membalikkan keadaan untuk mengamankan tiga poin penting.

Padahal Slovakia memulai pertandingan dengan baik. Mereka unggul lebih dulu melalui sundulan Ivan Schranz pada menit ke-17. Namun, Ukraina berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-54 lewat gol Mykola Shaparenko. Kemenangan Ukraina dipastikan oleh Roman Yaremchuk yang mencetak gol pada menit ke-80.

Francesco Calzona, pelatih Slovakia, tak begitu kecewa dengan kegagalan timnya memetik poin.  "Kami menghabiskan banyak energi di babak pertama. Kami menciptakan banyak peluang di periode itu. Mereka menyulitkan kami selama setengah jam, tapi kami sudah mengantisipasi itu. Mereka adalah tim yang pantas dihormati. Hingga saat ini, sulit membayangkan kami bisa bersaing dengan tim-tim papan atas," kata Calzona.

Sementara itu, Roman Yaremchuk, striker Ukraina, yang membuat match winning goal, mengakui laga ini memang berat baginya.

 "Ini musim yang berat bagi saya: cedera, perubahan klub, dan sebagainya. Tapi saya masih di sini, di tempat yang baik dan tidak terkejut bisa mencetak gol hari ini. Saya bekerja keras setiap hari. Tuhan melihat segalanya dan memberi saya kesempatan untuk mencetak gol. Saya bangga bisa bermain untuk negara saya," kata Yaremchuk.

Mykola Shaparenko, yang dinobatkan sebagai Vivo Player of the Match, menambahkan: "Ketika kami menyamakan kedudukan, itu memberi kami keyakinan dan inspirasi untuk membalikkan keadaan. Dukungan dari para penggemar sangat luar biasa, dan kami harus menang."

Pelatih Ukraina, Serhiy Rebrov, pun memuji anak asuhnya yang mampu bangkit pada laga kedua ini.  "Kami tampil sangat buruk melawan Rumania, tapi kali ini kami menunjukkan semangat yang berbeda dan layak menang. Kami harus fokus pada pertandingan berikutnya, tapi ini adalah kemenangan yang sangat penting bagi tim dan negara."

"Kami mengubah beberapa posisi dalam tekanan tinggi kami pada paruh waktu. Para pemain yang masuk dari bangku cadangan memperbaiki permainan kami. Yang paling penting, kami menunjukkan semangat kami. Kami benar-benar berusaha mengubah hasil dan pantas mendapatkan kemenangan ini," ujar Rebrov, tentang strategi mereka kali ini. 

Dengan kemenangan ini, Ukraina meraih tiga poin penting dan menjaga asa mereka untuk lolos ke babak berikutnya.