Bagikan:

JAKARTA - Ukraina meraih kemenangan penting 2-1 atas Slovakia di pertandingan Grup E di Stadion Stadion Dusseldorf Arena, Dusseldorf, Jumat, 21 Juni 2024 malam WIB. Kemenangan ini membuka peluang Ukraina lolos ke fase gugur.

Ukraina bangkit setelah menelan kekalahan 3-0 melawan Rumania. Tertinggal lebih dulu, mereka akhirnya berhasi bangkit untuk meraih kemenangan.

Hasil itu menjadikan Ukraina memperbaiki posisinya. Mereka naik ke peringkat dua dengan poin tiga. Sama dengan Rumania dan Slovakia. Hanya Rumania memiliki selisih gol terbaik sehingga mereka bertengger di puncak klasemen.

Sedangkan Slovakia menduduki peringkat tiga karena memilik selisih gol aling sedikit. Belgia yang belum mendapatkan poin berada di peringkat empat atau dasar klasemen.

Pertandingan itu sendiri berjalan ketata. Kedua tim sama-sama memburu kemenangan demi membuka harapan lolos ke fase grup. Terutama Ukraina yang menelan kekalahan 3-0 saat menghadapi Rumania.

Hanya saja, tim asuhan Serhey Rebrov melakukan start kurang bagus. Slovakia justru lebih menguasai permainan. Bahkan serangan mereka mampu merepotkan pertahanan Ukraina.

Slovakia memang tampil dengan kepercayaan diri yang kuat. Pasalnya pada laga pertama mereka sukses menaklukkan tim kuat Belgia 1-0.

Mereka pun mengawali laga dengan baik. Serangan Slovakia memberi hasil lewat pemain sayap Ivan Schranz di menit 17. Berawal dari assist Lukas Haraslin yang disambut dengan sundulan Schranz yang membobol gawang Ukraina.

Unggul 1-0 menjadikan Slovakia kian agresif menekan pertahanan Ukraina. Namun Mykhailo Mudryk dkk menunjukkan respons positif. Mereka pun berusaha mengejar ketinggalannya.

Hanya usaha Ukraina tak pernah membuahkan hasil. Skor 1-0 untuk Slovakia bertahan sampai akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Ukraina mencoba bermain lebih agresif. Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil saat Mykola Shaparenko sukses membobol gawang lawan di menit 54.

Gol Ukraina berawal dari aksi Oleksandr Zinchenko. Bek Arsenal ini melepaskan umpan silang yang disambut oleh Shaparenko. Skor pun imbang 1-1.

Keberhasilan mencetak gol menjadikan Ukraina bermain lebih agresif. Meski demikian Slovakia masih sedikit unggul dalam penguasaan bola.

Hanya saja, Ukraina tetap bisa mengimbangi permainan Slovakia. Bahkan mereka mampu mencetak gol kedua saat pertandingan memasuki menit akhir.

Pemain depan Roman Yaremchuk sukses membobol gawang Slovakia di menit 80. Dirinya menyelesaikan umpan apik dari Illia Zabarnyi. Skor berubah 2-1 untuk Ukraina dan bertahan sampai akhir laga.