Bagikan:

JAKARTA – Peru vs Chile tersaji pada hari kedua turnamen Copa America 2024. Bentrok itu merupakan pertandingan lanjutan Grup A.

Pertandingan antara kedua tim akan berlangsung di Stadion Cowboys, Texas, Amerika Serikat, Sabtu, 22 Juni 2024, pukul 07.00 WIB.

La Bicolor, julukan Peru, tidak menelan kekalahan di tahun ini. Catatan itu termasuk kemenangan 1-0 di pertandingan pemanasan terakhir sebelum turnamen melawan El Salvador.

Pada tiga laga lainnya tahun ini, selain duel di atas, mereka dua kali menang dan satu kali bermain imbang. Adapun secara keseluruhan dalam lima laga terakhir, total mereka menang tiga kali dan imbang dua kali.

Sementara itu, Chile menang dua kali, kalah dua kali, dan imbang satu kali di lima laga teraktual mereka. Satu kemenangan terbaru mereka peroleh atas Paraguay pada 12 Juni 2024.

Peru akan menjalani kampanye Copa America 2024 bersama pelatih berpengalaman Jorge Fossati. Sang pelatih itu didatangkan menjelang penutupan tahun kemarin.

Sebelum juru taktik 71 tahun itu mengambil alih kursi pelatih, Peru menjalani periode suram tanpa kemenangan di tujuh laga. Enam dari jumlah itu bahkan berakhir dengan kekalahan.

Performa buruk tersebut semakin memperkecil peluang Peru lolos ke Piala Dunia 2026. Saat ini mereka masih berada di posisi terbawah klasemen Conmebol dengan hanya meraih dua poin dari enam laga.

Fossati sudah memenangi tiga dari empat pertandingannya sebagai pelatih. Selain itu, timnya hanya kebobolan satu kali selama rentang waktu itu ketika menggilas Republik Dominika 4-1.

Di lain sisi, Chile hadir di Amerika Serikat tahun ini bersama juru taktik mereka Ricardo Gareca. Wajah yang tentunya sudah sangat familier bagi sebagian besar pemain Peru.

Gareca sebelumnya membimbing Peru tampil di Piala Dunia 2018 atau yang pertama sejak 1982. Sejak hadir dan bergabung Chile, dia pun sudah menang dua kali dari tiga laga yang dijalaninya.

Satu-satunya kekalahan bersama La Roja terjadi ketika bersua dengan runner-up Piala Dunia 2022, Perancis. Ketika itu, pasukan Gareca kalah tipis dengan skor 2-3 dari juara dunia 2018 tersebut.

Di bawah bimbingan Gareca, Chile juga telah mencetak delapan gol dalam tiga pertandingan di semua ajang. Jumlah tersebut sama dengan yang mereka cetak dalam delapan laga sebelumnya.

Walaupun belum pernah lolos ke Piala Dunia sejak 2014, Chile memiliki kenangan indah dengan Copa America sebelumnya yang diadakan di Amerika Serikat pada tahun 2016.

Ketika itu mereka sukses keluar sebagai juara sekaligus mempertahankan gelar turnamen ini setelah di edisi sebelumnya meraih kesuksesan saat bertindak sebagai tuan rumah pada 2015.

Chile tercatat menang 2-0 dalam bentrok terakhir dengan Peru pada Oktober 2023. Namun, terakhir kali kedua tim bertemu terjadi di semifinal Copa America 2019. Peru berhasil mengakhiri harapan Chile untuk meraih gelar ketiga beruntun.

Perkiraan Formasi

Peru (3-5-2): Gallese; Callens, Zambrano, Abram; Advincula, Pena, Cartagena, Castillo, Lopez; Lapadula, Guerrero

Chile (4-2-3-1): Bravo; Isla, Maripan, Diaz, Suazo; Nunez, Pulgar; Davila, Sanchez, Valdes; Vargas