Bagikan:

JAKARTA - Jerman menjadi tim pertama yang meraih tiket ke 16 besar Euro 2024 setelah menang 2-0 atas Hongaria. Pelatih Julian Nagelsmann berharap Jerman bisa membuat suporter tetap bermimpi menjadi juara di kandang sendiri.

Suporter Jerman tak lagi pesimistis tetapi memiliki keyakinan dan mimpi Toni Kroos dkk bisa merengkuh trofi juara. Dahaga gelar juara setelah terakhir kali memenangi Piala Dunia 2014 diharapkan bisa dihapus saat Jerman tampil di hadapan pendukungnya.

Para pendukung pun berpesta setelah Jerman memastikan lolo ke fase gugur. Kepastian itu diperoleh setelah Die Mannschaft mengalahkan Hongaria dalam duel di Stadion Stuttgart Arena,Stuttgart, Rabu, 19 Juni 2024 malam WIB.

Gol-gol kemenangan Jerman dihasilkan Jamal Musiala dan Ilkay Gundogan. Musiala sendiri selalu mencetak gol di setiap pertandingan di Euro 2024. Sebelumnya, gelandang Bayern Munchen ini menyumbang satu gol saat Jerman menghajar Skotlandia 5-1.

Nagelsmann pun secara khusus mengucapkan terima kasih kepada suporter. Mereka memberi dukungan terhadap DFB-Elf saat menghadapi Hongaria. Bahkan sepanjang pertandingan mereka menyanyikan lagu kebangsaan.

Sebelumnya ada kekhawatiran fans sudah tak lagi peduli dengan timnas menyusul pencapaian buruk di turnamen besar.

Jerman selalu gagal di fase awal di Piala Dunia 2018 dan 2022. Bahkan mereka bisa kalah lawan Korea Selatan dan Jepang.

Dalam sebuah survei yang dilakukan sesaat menjelang Euro 2024, satu dari lima warga Jerman ternyata tidak peduli dengan gelaran turnamen sepak bola terbesar empat tahunan di benua biru itu. Padahal, Jerman tercatat sudah tiga kali menjadi juara dan empat kali memenangi Piala Dunia.

Namun berbanding terbalik dengan hasil survei, pertandingan Jerman selalu dipenuhi suporter. Bahkan mereka sangat bersemangat mendukung timnas.

Masyarakat Jerman tetap menaruh harapan tim asuhan Nagelsmann bisa mengukir prestasi setelah mengalami keterpurukan. Termasuk di Euro 2020 mereka hanya mampu bertahan hingga 16 besar sebelum disingkirkan Inggris 2-0.

"Suara dukungan di stadion sungguh menggema. Ini menjadikan kami memiliki suasana yang sangat bagus. Dukungan mereka sangat membantu kami. Hal yang sesungguhnya sulit dipercaya," ujar Nagelsmann.

"Tim ini memiliki pemain yang sangat berpengalaman dan sudah meraih sukses. Tetapi dukungan dari mereka sungguh sangat berarti bagi kami. Ini seperti memotivasi kami," katanya.

"Kini, tugas kami adalah membuat fans menaruh harapan meraih impian," ucap eks pelatih Bayern ini.

Sementara, kiper Manuel Neuer mengaku tak menyangka timnas mendapat dukungan yang luar biasa dari suporter. Menurut kiper Bayern ini atmosfer yang diciptakan suporter melalui nyanyian dan seruan menjadikan pemain kian bersemangat.

"Anda bisa merasakan saat Anda menyaksikan bagaimana euforia dari suporter. Atmosfernya memang luar biasa dan menyenangkan bisa terjadi di sini," kata Neuer.

Menanggapi penampilan pada melawan Hongaria, Nagelsmann menilai tim menunjukkan perkembangan yang mengesankan. Apalagi pada dua laga sebelumnya saat menghadapi lawan sama di Nations League, Jerman bermain imbang 1-1 dan kemudian kalah 1-0.

"Mereka dalam proses kematangan. Pada Oktober lalu, kami mungkin tidak bisa menang seperti saat ini. Pada level ini, Anda harus berusaha tetap stabil. Apalagi kami menghadapi lawan yang sulit. Meski demikian, kami harus bisa stabil dalam permainan. Pertama-tama, Anda harus bisa memenangkan pertandingan dan kemudian berusaha bagaimana melakukannya," ucap Nagelsmann.

Setelah mengalahkan Hongaria, Jerman menghadapi Swiss pada laga terakhir Grup A yang digelar di Stadion Frankfurt Arena, Frankfurt, Senin, 24 Juni 2024 dini hari WIB. Jerman hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara grup.