Bagikan:

JAKARTA – Legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat, menolak berharap muluk kepada tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie membawa pulang medali emas dari Olimpiade Paris 2024.

Ginting dan Jonatan akan menjadi tulang punggung Indonesia saat di Perancis nanti. Mereka punya tugas mengakhiri paceklik medali emas tunggal putra sejak Taufik melalukannya di Olimpiade Athena 2004.

Taufik mengatakan bahwa lawan-lawan yang akan dihadapi di Paris nanti sebenarnya tidak berbeda dengan yang sering dijumpai di turnamen BWF World Tour. Jadi, menurutnya peluang untuk saling mengalahkan terbuka.

"Kansnya besar buat mereka (Jonatan dan Ginting) bisa meraih medali, ya, tetapi kita tidak bicara medali emas melainkan medali saja dulu," ujar Taufik ketika ditemui di Senayan, Jakarta, pada Rabu, 19 Juni 2024.

Jonatan dan Ginting mulai diragukan bisa memikul beban tunggal putra saat berada di Paris nanti lantaran hasil buruk dalam turnamen terakhir mereka di Indonesia Open 2024 pada 4-9 Juni 2024.

Pada ajang berlevel Super 1000 BWF tersebut, langkah keduanya langsung kandas di babak pertama. Hasil itu dinilai sebagai sebuah langkah mundur saat Olimpiade kian dekat.

Taufik menilai penampilan di Indonesia Open 2024 menjadi antiklimaks dari mental kedua nama tersebut setelah sebelumnya mereka bersua di final All England 2024 pada Maret 2024.

"Sekarang waktu sisa sebulan lebih. Kalau soal teknik dan fisik, saya kira mereka sudah sangat yakin. Cuma saja tinggal dari mentalnya harus bagaimana," ujar Taufik.

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung dari 26 Juli sampai 11 Agustus 2024. Total ada 10 ribuan lebih atlet dari 206 delegasi akan menjadi kontestan di sana.

Jika merujuk jadwal Olimpiade, cabang olahraga bulu tangkis mulai dihelat pada 28 Juni sampai 5 Agustus 2024. Pertandingan akan berlangsung di Porte De La Chapelle Arena, Paris, Perancis.

Tim bulu tangkis akan bertolak ke sana pada 13 Juli 2024. Mereka akan menuju Chambly terlebih dahulu untuk menjalani pemusatan latihan sebelum masuk ke kampung atlet.