Bagikan:

JAKARTA - Matchday kedua Grup D Euro 2024 akan menghadirkan laga panas antara Belanda vs Perancis. Pada laga itu, Les Bleus diunggulkan karena punya rekor apik melawan Oranje.

Pertemuan Belanda vs Perancis ini akan berlangsung di Red Bull Arena, Jerman, pada Sabtu, 22 Juni 2024, pukul 02.00 WIB.

Meski punya catatan unggul atas tim lawan, penampilan Les Bleus di laga perdana justru kurang meyakinkan.

Jelang lawan Belanda, tim asuhan Didier Deschamps justru berada di performa yang kurang menggigit. Meski mampu menang 1-0 atas Austria di matchday pertama, gol yang tercipta malah berasal dari bunuh diri lawan.

Selain itu, penyerang utama mereka, Kylian Mbappe, mengalami cedera hidung sehingga kemungkinan absen atau harus menggunakan pelindung kepala dalam sisa turnamen.

Mbappe sejatinya dilaporkan tetap mengikuti latihan bersama tim usai mengalami cedera, tapi statusnya masih disangsikan. Andai sang bintang absen, Deschamp masih punya pilihan untuk meramu tim melawan Belanda.

Sang pelatih bisa menggunakan jasa Ousmane Dembele. Pemain Paris Saint-Germain ini juga punya kecepatan dan bisa main di kiri atau kanan.

Pemain kedua adalah Randal Kolo Muani. Rekan satu tim Mbappe di Paris Saint-Germain musim lalu ini juga biasa beroperasi sebagai winger jika Deschamp menggunakan formasi 4-3-2-1.

Selain itu, ada pula pemain muda, Bradley Barcola. Pemain Paris Saint-Germain ini baru punya dua caps bersama Les Bleus, tapi sudah memperlihatkan potensi yang menjanjikan.

Opsi pengganti yang bisa digunakan Perancis mestinya bisa membuat Belanda lebih waspada pada laga nanti. Di sisi lain, Oranje bisa menghadapi lawan di matchday kedua ini dengan lebih percaya diri.

Pasalnya, Belanda sukses memetik kemenangan 2-1 atas Polandia. Hasil itu membuat mereka bisa memimpin klasemen Grup D dengan tiga poin. Oranje sejatinya memiliki poin sama dengan Perancis yang menduduki kursi runner-up, tetapi Belanda unggul produktivitas gol.

Belanda memang tampil dominan di laga perdana dengan penguasaan bola 65 persen dan membuat 20 peluang. Akan tetapi, penyelesaian akhir masih menjadi masalah utama Memphis Depay dan kawan-kawan dengan hanya empat tembakan tepat sasaran.

Situasi itu jelas mesti diperbaiki Belanda saat jumpa Perancis. Apalagi kubu lawan bisa menjadikan pertemuan ini sebagai tolok ukur. Soalnya, Perancis tercatat dua kali mencapai final Piala Dunia dalam dua edisi terakhir.