Bagikan:

JAKARTA - Jay Idzes menjadi inisiator untuk membuat barikade lingkaran menutupi pemain Filipina, Adrian Ugelvik, yang tengah kolaps di lapangan dan mendapat perawatan medis intens.

Situasi itu terjadi saat Timnas Indonesia menjamu Filipina di laga pemungkas Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa, 11 Juni 2024.

Adrian Ugelvik tak sadarkan diri setelah duel udara dengan kiper Ernando Ari Sutaryadi dan kepalanya lebih dulu menyentuh tanah ketika mendarat.

Tim medis langsung memasuki lapangan usai para pemain memberi kode darurat. Tak lama, Jay Idzes meminta pemain Timnas Indonesia dan Filipina untuk membuat barikade mengelilingi Adrian Ugelvik.

Seperti diketahui, membuat pagar hidup mengelilingi pemain kolaps bak bentuk respek sesama pesepak bola. Mereka melindungi sang pemain dari sorotan kamera dan semua orang yan gada di stadion, khususnya suporter.

Aksi Jay Idzes itu menuai banyak pujian di media sosial. Banyak akun mengunggah momen pemain Venezia itu mengajak semua pemain membuat barikade.

"Nah ini momen respect saat Jay Idzes mengajak para pemain membuat barikade. Pemain Indonesia & Filipina akhirnya kompak menutupi proses perawatan yang dilakukan tim medis ke pemain Filipina. Semoga bisa segera pulih & tidak ada cedera parah untuk Adrian Ugelvik," tulis akun @FaktaSepakbola di X (Twitter).

"Momen ketika Jay Idzes mengajak semua pemain membentuk barisan pelindung agar pemain yang tengah kolaps tidak disorot kamera. Respect Bang Jay!" cuit @The-RedsIndo.

"Rispek buat Bang Jay Idzes yang ngarahin pemain lain untuk ambil posisi dan nutupin pemain Filipina yang jatuh," tulis akun @HabisNontnFilm.

"Respect Pemain Timnas Indonesia ketika ada pemain Filipina Benturan keras dan membutuhkan Ambulans. Jay Idzes jiwa kepemimpinan nya gede banget langsung bentuk barisan lingkaran melindungi pemain Filipina," ujar akun @Riweh_Banget.

"A man called Jay Idzes, super leadership menyatukan dua tim Indonesia dan Filipina," kata akun @bigssbunny.

Aksi membuat barikade tersebut mulai mendapat perhatian serius di sepak bola dunia selepas insiden Christian Eriksen yang kolaps di laga Denmark vs Finlandia pada 2021.

Terlepas dari itu, kondisi Adrian Ugelvik kini dikabarkan sudah membaik. Dia sudah mengunggah fotonya yang masih terbaring di rumah sakit untuk mengucapkan terima kasih kepada semua pemain dan suporter Indonesia.