Bagikan:

JAKARTA – Tim cabang olahraga (cabor) bulu tangkis akan bertolak lebih awal pada 13 Juli 2024 menuju Perancis untuk mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade Paris 2024.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Ricky Soebagdja, mengatakan bahwa tim bulu tangkis akan terbang ke sana sesuai jadwal tersebut jika tidak ada perubahan apa pun.

"Kami akan berangkat lebih awal. (Rencananya) ada training camp di sana, di Chambly. Kalau tidak ada perubahan, kami berangkat tanggal 13 (Juli 2024). Jadi, kurang lebih ada 10 hari menuju ke venue, kampung atlet," ujar dia.

Chambly berjarak kurang lebih sejauh 40 kilometer di sebelah utara Kota Paris. Kota ini adalah komune di Departemen Oise yang rencananya bakal menjadi tempat training camp (TC) tim bulu tangkis Indonesia menjelang acara multievent empat tahunan terbesar itu.

Sebenarnya sejak beberapa tahun lalu, ada beberapa kota yang menawarkan diri untuk menjadi tempat training camp PBSI. Namun, Chambly dianggap paling sesuai dengan kebutuhan prioritas tim.

Pada akhir Februari 2024, atlet-atlet bulu tangkis Indonesia sudah menginjakkan kaki di tempat tersebut. Ketika itu, mereka punya waktu selama tiga hari untuk pemusatan latihan menyambut turnamen Perancis Open 2024.

Ricky menjelaskan bahwa bertolak ke Paris lebih awal tentu akan memberikan kesempatan lebih buat atlet untuk menyusuaikan diri karena perbedaan cuaca di Asia dan Eropa yang cukup jauh.

"Tujuannya, udara berbeda pada bulan Juli. Tidak seperti bulan Februari dan Maret. Jadi, kami adaptasi lebih awal. Mudah-mudahan adaptasi ini bisa dimanfaatkan dengan baik," ujar dia.

Olimpiade Paris 2024 berlangsung pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2024. Total ada lebih dari 10 ribuan atlet dari 206 delegeasi menjadi kontestan di ajang olahraga paling akbar dunia tersebut.

Adapun cabor bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 akan digelar di Porte De La Chapelle Arena, Paris, Perancis, pada 28 Juli sampai 5 Agustus 2024. Indonesia mengirimkan enam wakil dari lima sektor.

Wakil-wakil tersebut, yakni Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Gregoria Mariska Tunjung.

Keenam wakil itu saat ini sedang fokus mempersiapkan diri di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) PBSI Cipayung, Jakarta Timur, setelah semuanya tak ikut Australia Open 2024 yang tengah berlangsung pekan ini.