Bagikan:

JAKARTA – Kontingen Indonesia yang siap tampil di Olimpiade Paris 2024 resmi dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ariobimo Nandito Ariotedjo.

Acara ini ini berlangsung di Auditorium Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Rabu, 10 Juli 2024, siang WIB. Ikut hadir dalam pengukuhan ialah Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Anindya Bakrie.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya secara resmi mengukuhkan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024," ujar Menpora.

Dalam kesempatan ini, Dito juga berpesan agar atlet-atlet yang berangkat ke Paris percaya diri berlomba dan bersaing dengan atlet-atlet negara lain.

"Saya percaya kemenangan menyeratai orang-orang yang menolak menyerah hingga akhir," kata dia.

"Ingat, di sana sekalipun banyak negara yang lebih besar, tetapi kita harus yakin Indonesia adalah bangsa besar dan bermartabat. Untuk itu, bertanding sebaik mungkin dan tunjukkan bahwa Indonsia adalah negara besar," kata Dito lagi.

Kontingen Indonesia selanjutnya bertolak ke Istana Negara untuk dilepas secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Rencananya, acara pelepasan akan dilakukan pada pukul 15.45 WIB.

Olimpiade Paris 2024 secara resmi dibuka pada 26 Juli dan berakhir pada 11 Agustus 2024. Namun, beberapa cabang olahraga sudah mulai berkompetisi mulai 24 Juli 2024.

Total ada lebih dari 10 ribu atlet lebih dari 196 negara yang menjadi kontestan di Olimpiade 2024. Mereka nanti tampil dalam 32 cabang olahraga dengan jumlah disiplin sebanyak 329.

Indonesia sendiri punya sebanyak 29 atlet dari 12 cabang olahraga yang akan berangkat ke Paris. Detailnya, ada sebanyak 16 atlet putra dan 13 putri.

Adapun cabor-cabor yang lolos ke sana, yakni bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, judo, selancar, renang, atletik, balap sepeda, menambak, dayung, dan senam.

Tahun ini, kontingen Indonesia membawa dua target ke Perancis. Pertama, membawa pulang lebih dari dua medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan di Olimpiade.

Pencapaian terbaik Indonesia dengan dua medali emas sebelumnya ditorehkan pada edisi 1992 di Barcelona melalui Susi Susanti dan Alan Budikusuma dari cabang olahraga bulu tangkis.

Target kedua ialah medali emas dari cabor lain selain bulu tangkis. Seperti diketahui, delapan medali emas Olimpiade yang diraih Indonesia sejauh ini semua berasal dari cabor bulu tangkis.