Bagikan:

JAKARTA - Mate Pavic/Marcelo Arevalo menjadi juara ganda putra Roland Garros 2024 atau Perancis Open. Pasangan tersebut menang dua set, 7-5 dan 6-3, atas ganda Italia, Andrea Vavassori/Simone Balolli, pada Sabtu, 8 Juni 2024, malam WIB.

Perjalanan Pavic/Arevalo hingga menjadi juara terbilang mulus. Mereka melewati putaran pertama hingga perempat final dengan kemenangan dua set.

Langkah pertama pasangan Kroasia dan El Salvador itu melewati perlawanan Mariano Navone/Roberto Carballes Baena, 6-2 dan 6-2.

Pavic/Arevalo bahkan tak mengeluarkan banyak keringat pada putaran kedua. Lawan mereka, Marcus Daniell/Mackenzie McDonald mundur saat tertinggal 0-1 di set pertama.

Ganda Jerman, Kevin Krawietz/Tim Putz, menjadi korban Pavic/Arevalo di putaran ketiga. Meski mendapat perlawanan sengit, Pavic/Arevalo berhasil menang 7-6 dan 7-6.

Pada perempat final, pasangan asal Yunani, Petros Tsitsipas/Stefanos Tsitsipas, juga tidak bisa menghentikan Pavic/Arevalo. Ganda kakak-beradik itu takluk 5-7 dan 4-6.

Baru pada semifinal Pavic/Arevalo menerima tekanan berat. Beruntung keduanya comeback di set kedua dan ketiga dengan skor 6-4 dan 7-5 setelah kalah di set pertama 3-6.

Bagi Mate Pavic, gelar di Roland Garros 2024 merupakan trofi Grand Slam keempatnya di nomor ganda putra, setelah Australia Open 2018, US Open 2020, dan Wimbledon 2021.

Secara keseluruhan, Pavic sudah mengoleksi tujuh gelar Grand Slam, tiga di antaranya dari nomor ganda campuran.

Sementara bagi Marcelo Arevalo, trofi Roland Garros 2024 ini merupakan Grand Slam pertamanya sepanjang karier. Sebelumnya, pencapaian terjauh petenis 33 tahun itu ialah finalis US Open 2021.