Bagikan:

JAKARFTA - Christian Eriksen mencetak gol penentu kemenangan yang menakjubkan di menit-menit akhir untuk membawa Denmark menang 2-1 atas Swedia dalam pertandingan persahabatan pra-Euro 2024   di Stadion Parken  pada  Rabu, 5 Juni. Prestasi ini mengukuhkan posisinya sebagai kekuatan kreatif paling andal bagi Denmark menjelang turnamen di Jerman.

Hanya dalam waktu lebih dari satu menit, tim tuan rumah berhasil memecah kebuntuan ketika pertahanan Swedia tertidur pada sepak pojok pertama pertandingan, dan Eriksen menemukan Pierre-Emile Hojbjerg di tiang dekat untuk penyelesaian mudah.

Saat para penggemar yang mengenakan seragam merah berharap itu menjadi awal dari serangan besar, Swedia segera membalas melalui Alexander Isak, yang memanfaatkan tembakan terblok Jens Cajuste dan menghantamkan bola melewati Frederik Ronnow di gawang Denmark tujuh menit kemudian.

Eriksen, yang berusia 32 tahun dan pernah kolaps akibat serangan jantung di lapangan yang sama dalam pertandingan pembuka Denmark di Euro 2020 melawan Finlandia, memainkan peran kunci sepanjang pertandingan. Tendangan melengkungnya yang menukik di menit ke-86 memberikan kemenangan yang pantas bagi Denmark.

Pelatih Swedia asal Denmark, Jon Dahl Tomasson, dilantik ke dalam Hall of Fame sepak bola Denmark sebelum kick-off, dan timnya bertahan dengan baik tetapi kurang tajam dalam serangan, di mana Isak dan Dejan Kulusevski sering kali terhalang oleh pertahanan Denmark.

Pelatih Denmark, Kasper Hjulmand, memberikan penghargaan kepada Tomasson atas pekerjaannya sejauh ini di mana Swedia, yang gagal lolos ke Euro di bawah pelatih sebelumnya Janne Andersson, membuka jalan bagi Tomasson untuk mengambil alih.

"Mereka bermain dengan sangat agresif satu lawan satu. Saya pikir secara umum kami memberikan terlalu banyak penguasaan di babak pertama, dan mereka mendapatkan peluang yang seharusnya tidak mereka dapatkan," kata Hjulmand kepada TV2.

"Kami seharusnya mencetak lebih banyak gol ... kami harus melihat peluang yang didapatkan Swedia, karena kami tidak boleh memberi mereka peluang," tambahnya.

Eriksen yang senang lebih gembira dengan assist untuk gol pembuka daripada mencetak gol kemenangan, setelah menerima beberapa kritik karena serangkaian set piece yang buruk dalam kualifikasi.

"Itu bagus, dan bagus bahwa kami mencetak gol dari bola mati, saya pikir itu menciptakan sedikit ketenangan dalam tim kami," katanya kepada TV2.

Denmark akan menyelesaikan persiapan Euro 2024 mereka dengan pertandingan kandang melawan Norwegia pada hari Sabtu sebelum berangkat ke Jerman, di mana mereka akan menghadapi Slovenia, Inggris, dan Serbia di Grup C