Bagikan:

JAKARTA - Laga Slovenia dan Denmark berakhir imbang 1-1, menjadi hasil seri pertama di Euro 2024 ini. Laga perdana Grup C yang digelar pada tanggal 16 Juni 2024,  di Stadion Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, sangat berarti bagi Slovenia yang tak diunggulkan.

Pertandingan dimulai dengan tempo tinggi.  Kedua tim menunjukkan niat menyerang sejak peluit pertama. Namun  Denmark memimpin lebih dulu melalui Christian Eriksen. Gol ini terjadi setelah Eriksen menerima umpan dari Jonas Wind dan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dihalau oleh kiper Slovenia, Jan Oblak. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Denmark.

Selanjutnya Denmark masih mendominasi permainan dengan penguasaan bola yang baik dan beberapa peluang tambahan. Namun, Jan Oblak berhasil mencegah Denmark memperbesar keunggulan dengan beberapa penyelamatan penting.

Babak kedua dimulai dengan intensitas tinggi. Morten Hjulmand dari Denmark menerima kartu kuning pada menit ke-50 karena pelanggaran terhadap Benjamin Sesko. Denmark terus mengancam, termasuk melalui tendangan bebas Eriksen pada menit ke-55 yang membentur mistar gawang.

Slovenia mulai bangkit dan menciptakan peluang. Sundulan Adam Gnezda Cerin pada menit ke-67 dan tembakan Benjamin Sesko pada menit ke-76 hampir saja menyamakan kedudukan, namun masih belum berhasil menembus gawang Kasper Schmeichel.

Erik Janza dari Slovenia berhasil menyamakan kedudukan. (foto: uefa.com)

Pada menit ke-77, Erik Janza dari Slovenia berhasil menyamakan kedudukan. Tembakannya dari luar kotak penalti terdefleksi oleh bek Denmark dan masuk ke gawang Schmeichel, mengubah skor menjadi 1-1.

Slovenia terus menekan pertahanan Denmark. Andraz Sporar mendapatkan beberapa peluang emas namun gagal memanfaatkan kesempatan tersebut. Denmark melakukan pergantian pemain untuk memperkuat lini tengah dan serangan mereka.

Menjelang akhir pertandingan, kedua tim berusaha keras mencetak gol kemenangan. Slovenia mendominasi di menit-menit akhir, tetapi pertahanan Denmark tetap kokoh. Hingga peluit panjang berbunyi, skor tidak berubah dan pertandingan berakhir dengan hasil imbang 1-1.

Pertandingan ini menunjukkan ketangguhan Slovenia yang berhasil bangkit setelah tertinggal lebih dulu, sementara Denmark harus puas dengan satu poin meskipun unggul melalui gol indah Eriksen. Kedua tim berbagi poin dalam pertandingan yang penuh drama dan intensitas tinggi ini.

Eriksen yang pada tahun 2021 sempat dilarikan ke rumah sakit karena mengalami serangan jantung di lapangan pada Euro 2020, kali ini tampil prima dan berhak mendapatkan gelar Man of The Match. 

Susunan Pemain

Slovenia: Oblak; Karničnik, Drkušić, Bijol, Janža; Stojanović (Verbič 67), Gnezda Čerin, Elšnik (Stanković 75), Mlakar (Celar 75); Šporar (Brekalo 90+5), Šeško (Kurtić 90+5)

Denmark: Schmeichel; Christensen, Andersen, Vestergaard; Bah, Hjulmand, Højbjerg (Nørgaard 83), Kristiansen (Mæhle 78); Eriksen; Wind (Dolberg 83), Højlund (Poulsen 83)