Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting berjalan mundur dalam dua turnamen besar terbaru di tengah persiapan menuju Olimpiade Paris 2024.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu takluk di babak pertama turnamen Indonesia Open 2024 ketika turun melawan wakil Jepang Kenta Nishimoto.

Dia gagal mempertahankan keunggulan gim pertama sehingga takluk rubber game dengan skor 21-17, 11-21, dan 21-8 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024, malam WIB

Ginting mengatakan bahwa Kenta, yang telah dia kalahkan sebanyak delapan kali dari total 11 bentrok mereka sebelumnya, bermain bagus di Indonesia Open 2024.

"Di balik itu juga saya melakukan banyak kesalahan sendiri dan tidak bisa keluar dari tekanan," kata dia setelah menyelesaikan laga yang berlangsung selama satu jam.

Sejak menjadi runner-up di All England 2024, perjalanan Ginting sebenarnya masih konsisten di Kejuaraan Asia dan Piala Thomas & Uber 2024. Di Kejuaraan Asia, dia mencapai semifinal. Sementara di Piala Thomas & Uber, dia membantu Indonesia ke final.

Pada ajang beregu putra paling bergengsi itu, Ginting tercatat menang sebanyak empat kali dari enam lagi yang dijalaninya. Namun, dua ajang setelahnya, performa dia justru menurun.

Sebelum ke Indonesia Open 2024, pebulu tangkis asal Jawa Barat itu turun di Singapura Open 2024 pekan kemarin. Pada ajang Super 750 BWF itu, dia kandas di babak kedua sebelum semakin terpuruk di rumah sendiri.

Ginting mengakui bahwa dia sangat tidak puas dengan dua hasil terbaru yang dia dapatkan tersebut. Hasil-hasil itu akan mengganggu persiapan dia menuju ke Paris pertengahan tahun ini.

"Ya, pasti berpengaruh juga, tetapi memang tidak mau terlalu memikirkan ke sana. Nanti juga ada diskusi lagi sama semua tim yang juga terlibat buat Olimpiade Paris 2024," katanya.

Kekalahan Ginting membuat pebulu tangkis Jonatan Christie harus memikul beban nomor tunggal putra Indonesia. Dia kini menjadi wakil tunggal yang tersisa di Indonesia Open 2024.

Jonatan baru akan bermain pada Rabu, 5 Juni 2024. Peraih medali emas Asian Games 2018 itu akan turun melawan tunggal Malaysia, Leong Jun Hao.

Sebelum Ginting, harapan Indonesia kepada Chico Aura Dwi Wardoyo juga pupus. Pebulu tangkis asal Papua ini terlebih dahulu kalah melawan tunggal Thailand, Kantaphon Wangcharoen.