Bagikan:

JAKARTA - Real Madrid mencetak rekor juara Liga Champions setelah mengalahkan Borussia Dortmund 2-0 di laga final yang digelar di Stadion Wembley, London, Minggu, 2 Juni 2024 dini hari WIB. Gol-gol kemenangan Madrid dihasilkan Dani Carvajal dan Vinicius Junior.

Madrid mengukuhkan sebagai penguasa Eropa. Raksasa La Liga Spanyol ini sama sekali tak terbendung untuk meraih trofi Liga Champions ke-15 kali.

Ya, Madrid memantapkan hegemoni dan mencetak rekor sebagai satu-satunya klub yang sudah 15 kali mengangkat rofi kuping lebar.

Mereka hanya gagal tiga kali. Terakhir, Madrid hanya menjadi finalis pda 1981. Saat itu, mereka dikalahkan Liverpool 1-0.

Selanjutnya, Madrid selalu menjadi juara setiap kali mencapai final sejak 1998. Bahkan Los Blancos tercatat sudah sembilan kali memenanginya. Termasuk hattrick juara ada 2016, 2017 dan 2018.

Madrid pula menjdi satu-satunya tim yang pernah menjadi juara Liga Champions tiga kali berturut-turut.

Hanya saja, mereka tak pernah berhasil meraih treble. Berbeda dengan rival bebuyutan Barcelona, yang tercatat dua kali meraih treble.

Namun musim ini pasukan Carlo Ancelotti meraih gelar ganda. Sebelumnya, Toni Kroos dkk sudah menjadi juara La Liga Spanyol.

Sementara, Dortmund akhirnya gagal dalam percobaan ketiga. Dortmund baru sekali menjad juara pada 1997 saat mengalahkan Juventus 3-1.

Selanjutnya, Dortmund dikalahkan Bayern unchen 2-1 di final sesama tim Bundesliga Jerman. Final musim ini merupakan yang ketiga dan Die Borussen harus mengakui keunggulan Madrid.

Di laga itu, Dortmund memang kurang diunggulkan. Meski demikian, tim asuhan Edin Terzic justru mengawali laga dengan baik. Madrid sempat keteteran menghadapi permainan terbuka Dortmund.

Beruntung, kiper Thibaut Courtois tampil gemilang. Kiper timnas Belgia yang kembali berdiri di bawah mistar beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang. Peluang bagus diperoleh striker Niclas Fuellkrug. Namun sundulannya masih membentur tiang gawang.

Sedangkan tidak ada satu pun tendangan dari pemain Madrid yang mengarah ke gawang sepanjang babak pertama. Meski demikian Madrid masih unggul penguasaan bola.

Memasuki babak kedua, Madrid berhasil bangkit. Mereka mulai mendominasi permainan. Meski demikian Dortmund juga sempat memberi perlawanan. Bahkan Courtois kembali melakukan penyelamatan gemilang lewat satu tangan.

Madrid akhirnya mendapat peluang bagus melalui Jude Bellingham di menit 72. Sundulan eks pemain Dortmund ini nyaris membobol gawang lawan.

Namun hanya berselang dua menit, Madrid akhirnya memecah kebuntuan. Bek Dani Carvajal sukses mencetak gol setelah menyambut sepak pojok Kroos. Sundulan bek veteran ini menjadikan Madrid unggul 1-0.

Madrid pun kian agresif menekan pertahanan Dortmund. Usaha mereka tak sia-sia. Di menit 83, Vinicius memantapkan keunggulan Los Merengues setelah menyelesaikan assist Bellingham.

Skor 2-0 untuk Madrid. Suporter Madrid pun sudah menggelar pesta kemenangan. Apalagi, pertahanan Madrid tetap solid dan tak bisa ditembus pemain depan Dortmund. Skor itu bertahan sampai akhir pertandingan.