Bagikan:

JAKARTA – Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kompak lolos ke babak semifinal Singapura Open 2024.

Gregoria terlebih dahulu mengunci tiket empat besar setelah menang atas unggulan ketujuh dari China, Wang Zhi Yi, melalui rubber game dengan skor 21-13, 13-21, dan 24-22 di Singapura Indoor Stadium, Jumat, 31 Mei 2024, malam WIB.

Ini merupakan kemenangan kedua beruntun yang diperoleh Gregoria atas Wang. Dari total lima pertemuan mereka, ini adalah kemenangan ketiga pebulu tangkis asal Wonogiri tersebut.

Perjalanan Gregoria selanjutnya akan mendapat ujian berat. Pasalnya, dia akan bersua dengan unggulan pertama turnamen, yakni wakil Korea Selatan, An Se-young.

Di atas kertas, ini akan menjadi pertemuan ketujuh antara kedua pemain tersebut. Pada enam pertemuan sebelumnya, Gregoria belum menang satu kali pun.

"Besok melawan An Se-young. Dia bukan lawan yang mudah. Saya mau berusaha semaksimal mungkin, berharap hasil terbaik," ujar Gregoria dalam keterangan.

Sementara itu, Fajar/Rian yang menjadi unggulan ketujuh di turnamen ini lolos ke babak semifinal usai menghajar unggulan kedua asal China, Liang Wei Keng/Wang Chang, dua gim langsung dengan skor 21-17 dan 21-9.

Ini merupakan kemenangan ketiga buat Fajar/Rian dari total delapan pertemuan mereka atau yang pertama setelah empat kekalahan beruntun melawan pasangan tersebut.

"Bersyukur bisa kembali ke semifinal dan memang beberapa kali bagan kami dari awal tahun selalu bertemu mereka. Pasti jadinya sudah sama-sama tahu. Hari ini kami sudah lebih siap dengan apa yang mau kami mainkan," kata Rian.

Pada babak semifinal, Fajar/Rian akan bersua dengan pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, yang lolos usai menghajar unggulan keempat asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

"Berhadapan dengan Kim/Anders di semifinal. Mereka pemain yang berpengalaman, baru juara di Malaysia Masters 2024 minggu lalu. Kepercayaan dirinya pasti sedang meningkat. Kami tidak mau kalah, kami akan menyiapkan strategi terbaik," ujar Fajar.

Indonesia sebenarnya punya tiga wakil di perempat final. Namun, pasangan ganda putri Apriyani Rahayu Siti Fadia Silva Ramadhanti gagal menembus semifinal setelah diadang pasangan Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.