Bagikan:

JAKARTA - Pelatih tim nasional Belanda Ronald Koeman memenuhi janji membawa gelandang keturunan, Maluku, Indonesia, Tijjani Reijnders, yang akan berlaga di Euro 2024. Menariknya, Koeman tetap menyertakan Frenkie de Jong dan Memphis Depay.

Koeman pernah berjanji membawa Reijnders ke Jerman. Terutama saat menyaksikan performa pemain AC Milan ini dalam uji coba melawan Skotlandia, Maret lalu.

Di laga itu, Belanda menang 4-0 Rijnders mencetak satu gol dan assist sehingga mengundang pujian dari Koeman.

Reijnders sesungguhnya pernah ditawari bermain di timnas Indonesia. Namun pemain yang memiliki keturunan Maluku dari ibunya ini menolak tawaran itu.

Dirinya pun menjadi bagian dari skuat Oranje yang berlaga di Euro 2024. Koeman memanggil 26 pemain yang tampaknya sudah final. Pasalnya, UEFA mengizinkan tim menambah tiga pemain dari semula 23 menjadi 26 yang dibawa ke Piala Eropa

Koeman juga membuat kejutan dengan membawa De Jong dan Depay. Ini terkait dengan performa keduanya tak yang tak maksimal di klub masing-masing musim ini.

De Jong sempat mengalami cedera sehingga penampilan dia kurang menonjol di Barcelona. Bahkan dirinya masuk daftar pemain yang bakal dilego Barca.

Nasib sama Depay di Atletico Madrid. Setelah dilepas Manchster United, dia sempat membela Lyon dan bahkan mampir ke Barca sebelum bergabung dengan Atletico.

Hanya performa dia tak menonjol sehingga klub memutus kontraknya pada 22 Mei 2024 lalu. Dirinya sudah tak memiliki klub dan berstatus bebas transfer saat dipanggil Koeman.

"Frenkie akan melaporkan kondisinya pada Sabtu lusa. Namun sejauh ini tak ada masalah dengan kondisinya. Bahkan dia sudah bisa langsung dimainkan di laga pertama penyisihan grup [melawan Polandia, 16 Juni]," kata Koeman.

"Kami mengalami kesulitan karena banyak pemain yang cedera. Anda harus membuat pilihan dan kadang pilihannya memang sulit," ucapnya.

Koeman membuat kejutan dengan tidak memasukkan bek kiri Borussia Dortmund Ian Maatsen. Padahal, dia diyakini masuk skuat bersama Donyell Malen yang akan menghadapi Real Madrid di final Liga Champions, Minggu, 2 Juni 2024 dini hari WIB.

Hanya saja, dirinya memang harus bersaing dengan deretan bek kiri yang tidak kalah menonjol di klubnya.

Ada Nathan Ake yang konsisten di Manchester City dan Micky Van de Ven, bek Tottenham Hotspur serta bek veteran Girona Daley Blind.

"Pertimbangannya banyak pemain bagus di posisi itu dan mereka layak mendapat panggilan. Ada Ake, Van de Van dan Blind. Kehadiran mereka sudah cukup dan memungkinkan saya menambah pemain depan," kata eks pelatih Barca ini.

Belanda yang bergabung di Grup D bersaing dengan Perancis, Polandia dan Austria. Mereka melakoni laga uji coba melawan Kanada, 6 Juni 2024 dan Islandia, 10 Juni 2024 di kandang sendiri sebelum berangkat ke Jerman.

"Saya berpikir positif saja. Tim ini sulit dikalahkan. Kami bisa bermain dengan berbagai sistem permainan dan punya tim yang kuat. Namun kami harus memperbaiki permainan kami, terutama saat tanpa bola," kata Koeman.

"Apakah [Belanda] bakal sukses? Bila jadi juara, tentu ya," jawabnya.

Skuat Belanda

Kiper: Justin Bijlow (Feyenoord), Mark Fleken (Brentford), Bart Verbruggen (Brighton & Hove Albion)

Belakang: Nathan Ake (Manchester City), Daley Blind (Girona FC), Stefan de Vrij (Inter Milan), Lutsharel Geertruida (Feyenoord), Denzel Dumfries (Inter Milan), Matthijs de Ligt (Bayern Munchen), Jeremy Frimpong (Bayer Leverkusen), Micky van de Ven (Tottenham Hotspur), Virgil van Dijk (Liverpool)

Tengah: Frenkie de Jong (Barcelona), Ryan Gravenberch (Liverpool), Teun Koopmeiners (Atalanta), Tijjani Reijnders (AC Milan), Jerdy Schouten (PSV Eindhoven), Xavi Simons (RB Leipzig), Joey Veerman (PSV Eindhoven), Georginio Wijnaldum (Al Ettifaq)

Depan: Steven Bergwijn (Ajax Amsterdam), Brian Brobbey (Ajax Amsterdam), Memphis Depay, Cody Gakpo (Liverpool), Donyell Malen (Borussia Dortmund), Wout Weghorst (TSG Hoffenheim).