Bagikan:

YOGYAKARTA – Mengetahui apa beda shooting guard dan point guard bisa dimulai dari mengetahui apa saja daftar posisi pemain basket. Diketahui shooting guard dan point guard sama-sama berperan dalam pencetakan skor.

Mengenal Apa Beda Shooting Guard dan Point Guard

Seperti diketahui, di sebuah tim basket ada lima posisi yang tiap posisi punya peran dan tugasnya masing-masing, termasuk shooting guard dan point guard. Berikut ini beda keduanya.

  1. Pengertian Shooting Guard dan Point Guard

Shooting guard adalah pemain yang posisinya berada di nomor 2. Sedangkan point guard dalam permainan basket adalah posisi 1 dalam tim. Posisi ini biasanya diisi oleh pemain dengan postur tubuh terpendek dibanding pemain lain di sebuah tim. Perlu diketahui bahwa meski keduanya berbeda, namun harus sama-sama punya kemampuan drible yang baik pula.

  1. Postur Pemain

Meski tak tertulis dalam olahraga basket, postur pemain yang mengisi posisi shooting guard dan poin guard biasanya berbeda. Postur shooting guard biasanya lebih tinggi dibanding point guard. Sedangkan postur tubuh atlet basket point guard biasanya diisi oleh pemain terpendek dalam tim namun menjadi yang tercepat.

  1. Peran Posisi

Dilansir dari situs Rock Star Academy, peran shooting guard adalah sebagai kunci pencetak gol. Biasanya posisi ini diandalkan dalam serangan namun berperan juga untuk menjaga pertahanan. Sedangkan point guard berperan untuk mengatur sekaligus mengorganisir serangan tim basket.

Selain itu point guard juga bertanggung jawab dalam mendistribusikan bola serta mengambil keputusan penting di lapangan saat pertandingan berlangsung.

Dalam sebuah permainan, shooting guard juga bertanggung jawab untuk melempar bola ke ring bahkan saat kemenangan dipertaruhkan. Sedangkan point guard menjadi “pelatih” dalam lapangan yang mengatur rekan timnya.

  1. Lemparan Bola ke Ring

Baik shooting guard maupun point guard harus sama-sama mampu melempar bola ke ring dengan akurat. Namun saat permainan berlansung, intensitas pelemparan bola ke ring tiap posisi mulai berbeda.

Shooting guard cenderung lebih banyak melakukan tembakan dari luar garis 3 poin, dan lemparan lompat di dalam garis 2 poin. Sedangkan poin guard lebih sering mengoper atau mengumpan bola kepada pemain satu timnya.

  1. Keterampilan Penting yang Harus Dimiliki

Shooting Guard harus mampu mencetak gol dengan tembakan yang akurat. Sedangkan point guard harus punya keterampilan mengoper bola demi mendapatkan peluang mencetak angka.

Kesimpulan

Sederhananya, shooting guard secara langsung melakukan tembakan bola ke ring bahkan dari jarak jauh, serta mampu menerobos pertahanan lawan.

Sedangkan point guard banyak dikenal sebagai otak tim saat pertandingan  berlangsung karena bertugas sebagai inisiator serangan, pola permainan, hingga mengumpan bola ke rekan tim agar dapat mencetak gol.

Selain terkait apa beda shooting guard dan point guard, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.