Bagikan:

YOGYAKARTA - Basket merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Olahraga ini dimainkan oleh lima orang dalam satu tim dengan target memasukkan bola ke ring lawan. Setiap posisi pemain bola basket memilih perannya masing-masing yang saling bekerja sama demi memenangkan pertandingan. 

Ada lima posisi pemain bola basket, yaitu point guard, small forward, shooting guard, center, dan power forward. Kelima posisi pemain ini mempunyai tugas dan perannya masing-masing. Dengan peran yang berbeda-beda, para pemain harus bekerja sama untuk memenangkan pertandingan. 

Dua tim yang bertanding basket harus berlomba untuk bisa memasukkan bola ke dalam ring lawannya. Tim yang bisa mencetak poin lebih banyak sampai pertandingan berakhir maka akan keluar sebagai pemenang. Permainan basket berlangsung dalam waktu 4 x 10 menit, berdasarkan ketentuan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Setiap pemain dalam basket harus mengerti tugas masing-masing berdasarkan posisinya. Lantas apa saja tugas pemain bola basket tiap posisinya?

5 Posisi Pemain Basket dan Tugasnya

Setiap bagian dalam tim bola basket memiliki peranan penting dalam memenangkan pertandingan, baik itu dari segi penembak, pengatur serangan, hingga pertahanan. Berikut ini lima posisi pemain basket yang perlu dipahami untuk bisa bermain sesuai perannya dan menjalankan kerja tim yang solid:

Point Guard

Point guard adalah posisi pemain basket yang bertugas sebagai pengatur serangan tim. Posisi ini sama seperti seorang playmaker dalam pemain tim sepak bola. Pemain point guard harus memiliki kemampuan dalam mengontrol bola, menggiring, dan memberi umpan kepada rekannya. 

Point guard juga dikenal sebagai posisi 1 dalam tim basket. Biasanya posisi point guard diisi oleh pemain yang memiliki postur tubuh paling pendek. Kehebatan seorang point guard diukur dari jumlah assist (umpan penghasil poin yang bisa ia berikan.

Peran utama seorang point guard adalah mengatur serangan tim dengan mengendalikan bola dan mengoperkannya kepada rekan satu tim pada waktu yang tepat untuk mencetak poin. Dalam situasi bertahan, point guard berfungsi sebagai lapisan pertahanan pertama. Selain itu, mereka juga bertugas untuk mencuri bola dari lawan.

Contoh pemain basket dunia yang berposisi sebagai point guard adalah Stephen Curry serta dua legenda NBA, Earvin “Magic” Johnson dan John Stockton.

Power Forward

Seorang pemain power forward bertugas untuk menangkap bola yang memantul dari ring atau bola rebound baik. Power forward atau posisi 4 ini berada di bawah atau dekat ring baik saat timnya melakukan serangan atau ketika bertahan di bawah ring sendiri. 

Pemain yang menempati posisi power forward biasanya mereka yang bertubuh tinggi dan memiliki fisik kuat. Salah satu tugas utama seorang power forward adalah mengambil bola rebound atau memantul dari ring.

Seorang power forward banyak beraksi di bawah ring untuk melakukan tembakan dari jarak dekat atau memaksa lawan melakukan pelanggaran. Salah satu pemain power forward yang terkenal adalah Dirk Nowitzki legenda klub Dallas Mavericks.

Shooting Guard

Shooting guard merupakan posisi pemain basket yang cukup sering disoroti. Shooting guard atau posisi 2 biasanya diisi oleh pemain yang memiliki postur tubuh lebih tinggi dari point guard. Contoh pemain shooting guard terkenal ialah Michael Jordan, mendiang Kobe Bryant, dan Allen Iverson.

Pemain shooting guard bertugas sebagai penembak bola jarak jauh dari garis perimeter (area sekitar batas garis tiga angka). Oleh karena itu, pemain ini harus memiliki kemampuan menembak yang akurat. 

Selain memiliki daya akurasi tinggi atau jitu, seorang shooting guard juga harus mempunyai kreativitas dalam menembak di berbagai sudut. Saat tim melakukan serangan, pemain ini akan membantu dan menggantikan peran point guard. 

Center

Pemain center bertugas sebagai benteng pertahanan untuk menghalau serangan lawan. Biasanya posisi ini ditempati oleh pemain yang memiliki postur besar dan paling tinggi di dalam tim. Seorang center harus mampu menepis tembakan lawan, menjaga daerah pertahanan, dan menghalangi lawan mengambil bola rebound. 

Pemain yang berada di posisi center harus bisa mencegah pemain lawan yang ingin mencetak poin. Biasanya seorang center akan merebut bola ketika jump ball (bola awalan saat memulai pertandingan). Selain itu, pemain ini juga sering melakukan tembakan dari dekat ring yang biasanya memancing pemain lawan melakukan pelanggaran. 

Small Forward

Small forward atau posisi 3 bertugas menolong dan mengambil peran point guard ketika berada dalam tekanan lawan. Seorang small forward harus memiliki kemampuan one-on-one (satu lawan satu) hingga bisa memenangkan duel. Dalam kondisi bertahan, pemain ini harus mampu menjaga lawan yang berada di posisi shooting guard atau small forward.

Posisi small forward harus diisi oleh pemain yang agresif dan kuat, baik dalam melakukan dribble maupun mencetak poin. Salah satu pemain small forward terbaik dunia ialah Le Bron James, bintang Loas Angeles Lakers. 

Demikianlah daftar posisi pemain basket dan tugasnya masing-masing yang harus dipahami oleh pebasket pemula. Setiap posisi memiliki peran penting masing-masing dalam mengusahakan kemenangan. Baca juga beda shooting guard dan point guard dalam basket.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.