Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam tim basket terdapat beberapa posisi pemain dengan tugas atau perannya masing-masing. Salah satu posisi penting dalam tim basket dan kerap menjadi scorer utama adalah shooting guard. Penampilan pemain yang satu ini sering diibaratkan sebagai kartu AS dalam kemenangan pertandingan. Lantas apa itu shooting guard dan seperti apa peran di lapangan?

Apa Itu Shooting Guard

Shooting guard adalah posisi pemain basket yang bertugas menembak atau memasukkan bola ke dalam ring. Pemain ini berada di posisi nomor 2 dalam tim basket. Pemain yang menempati posisi memiliki keahlian dalam melakukan shoot atau menembak bola untuk menghasilkan poin. 

Biasanya pemain shooting guard adalah penembak tiga angka yang baik atau penembak dari garis perimeter. Pemain yang mengisi posisi ini umumnya memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dari pemain point guard. Dengan tubuh yang jangkung maka seorang shooting guard bisa memasukkan bola dari jarak jauh dan menggantikan pemain point guard saat tim sedang menyerang. 

Tugas Shooting Guard

Pemain shooting guard memiliki beberapa peran atau tugas dalam pertandingan basket. Berikut ini sejumlah tugas shooting guard untuk membantu tim memenangkan pertandingan:

3 Point Shoot

Shooting Guard ditempati oleh pemain yang memiliki keterampilan tembakan di atas standar. Maka dari itu, pemain ini dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengeksekusi tembakan tiga angka dengan baik. 

Keterampilan tembakan jarak jauh atau tiga angka biasanya menjadi penentu dalam situasi krusial yang dapat membawa kemenangan bagi tim. Beberapa pemain yang dikenal sebagai shooting guard tiga angka terbaik adalah Klay Thompson, Kyle Korver, dan JJ Reddick.

3-and-D Player

"3-and-D" merupakan istilah bagi pemain yang memiliki tanggung jawab dalam menjalankan tembakan tiga angka dan secara bersamaan melakukan pertahanan. Misalnya mengawal pemain lawan di sekitar garis perimeter serta tugas-tugas defensif lainnya. 

Biasanya tugas 3-and-D diemban oleh Shooting Guard. Pemain yang memiliki kemampuan ini berperan penting bagi kesuksesan tim memenangkan pertandingan. Sebab tidak semua Shooting Guard memiliki keterampilan pertahanan yang kuat. Beberapa pemain basket yang dikenal terbaik dalam peran 3-and-D yaitu Danny Green, Klay Thompson, dan Jrue Holiday.

Main Soccer

Dalam sejarah kompetisi NBA, Shooting Guard memiliki peran penting sebagai pencetak skor utama dalam tim. Era Michael Jordan dan Allen Iverson menjadi bukti kehebatan para pemain shooting guard, khususnya yang memiliki keahlian menembakan dalam berbagai situasi. Pemain-pemain terkini yang disoroti sebagai main scorrer terbaik, di antaranya James Harden, Victor Oladipo, dan Devin Booker.

Parimeter Defender

Dalam hal pertahanan, Shooting Guard bertugas mengawal para penyerang lawan terutama di area perimeter dan di luar garis tiga angka. Pemain shooting guard dengan kemampuan defensif kuat berperan sebagai barikade pertama sebelum penyerang lawan berhasil melewati pertahanan tim. 

Shooting guard yang bertanggung jawab di posisi ini sering disebut sebagai "Lock Down defender”. Beberapa shooting Guard yang dikenal sebagai perimeter defender terbaik di antaranya Patrick Beverley dan Klay Thompson.

Spot Up Shooter

Seorang shooting guard juga harus pandai dalam bergerak tanpa bola untuk menemukan celah kosong sebagai titik tembak. Biasanya pemain shooting guard menerima bola dari point guard dari posisi yang tak terduga. 

Salah satu keterampilan penting yang wajib dikuasai oleh shooting guard adalah ketepatan tembakan agar bisa mengontrol bola dengan baik dan mampu memasukkan ke dalam ring lawan. Pemain-pemain shooting guard yang dikenal piawai dalam melakukan gerakan tanpa bola, di antaranya Klay Thompson dan Joe Harris.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu shooting guard dalam tim basket dan perannya. Pemain shooting guard dituntut untuk memiliki akurasi tinggi dan kreativitas dalam melakukan tembakan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.