Mengenal Posisi Pemain Basket dan Tugasnya, Seperti Apa Keahliannya Masing-Masing?
Ilustrasi posisi pemain basket (Unsplash/PENENUN LOGAN | @LGNWVR)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Basket menjadi salah satu olahraga tim yang cukup digemari. Olahraga bola besar ini dimainkan oleh dua tim yang bertanding. Ada beberapa posisi pemain basket dan tugasnya masing-masing.

Dalam setiap pertandingan basket, satu tim dimainkan oleh lima orang. Kelima orang dalam tim akan bermain dengan kompak untuk bisa memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring lawan. Selain pemain inti, ada lima pemain cadangan. Sementara jumlah pelatihnya ada 1 dengan 2 hingga 3 asisten pelatih. 

Posisi Pemain Basket dan Tugasnya

Setiap pemain yang tampil dalam pertandingan bola basket memiliki posisi dan tugasnya yang berbeda-beda. Sebelum anda ikut bermain, lebih baik untuk mengetahui berbagai posisi pemain dan perannya, di antaranya point guard, shooting guard, small forward, power forward, dan center. 

Point Guard

Point guard disebut juga sebagai posisi 1 dalam permainan bola basket. Pemain yang menempati posisi ini biasanya adalah pemain bertubuh paling pendek dalam tim. Pemain point guard memiliki skill yang baik dalam menggiring dan mengumpan bola.

Seorang point guard akan diukur kemampuannya berdasarkan jumlah umpan atau assist yang berhasil menorehkan poin. Hasil tersebut lebih diprioritaskan dibanding poin yang berhasil dia cetak. 

Sementara itu tugas utama seorang point guard adalah menjadi pengatur serangan timnya. Pemain ini akan mengontrol bola dan memberi umpan kepada pemain lain secara tepat agar berhasil mencetak poin. 

Ketika dalam situasi defend atau bertahan, point guard bertugas menjadi pelapis pertama pertahanan. Selain itu, pemain ini juga berperan merebut bola dari lawan. Bintang basket yang menempati posisi ini, di antaranya Stephen Curry dan Earvin “Magic” Johnson. 

Shooting Guard

Shooting Guard adalah posisi 2 dalam tim basket. Posisi ini biasanya ditempati oleh pemain yang memiliki keahlian dalam menembak atau shoot. Umumnya pemain yang bertugas di posisi ini adalah penembak baik dari garis perimeter (daerah sekitar batas garis tiga angka).

Pemain shooting guard biasanya memiliki postur yang lebih tinggi dibanding pemain point guard. Postur yang tinggi memungkinkan pemain melakukan shooting dari jarak jauh dan menggantikan point guard ketika tim sedang menyerang. 

Pemain shooting guard dituntut untuk memiliki kreativitas dan keahlian menembak dari segala area. Bintang basket yang menempati posisi ini ada Michael Jordan Allen Iverson, dan mendingan Kobe Bryant. 

Small Forward

Small forward dalam tim basket disebut juga sebagai posisi 3. Pemain small forward ditempati oleh pemain yang memiliki kemampuan satu lawan satu (one-on-one) berhadapa dengan pemain lawan. Bintang basket yang menempati posisi ini salah satunya adalah LeBron James dari Los Angeles Lakers.

Pemain small forward dituntut untuk bisa bermain dengan agresif dan kuat. Pemain ini biasanya memiliki keahlian yang baik dalam dribble atau menggiring bola secara lincah. Selain itu pemain ini juga biasanya jago dalam mencetak poin. 

Small forward bertugas untuk menolong dan mengambil peran point guard yang sedang berada dalam tekanan lawan. Selain itu, pemain small forward juga harus mampu berperan dalam lapis pertahanan untuk menjaga lawan yang menempati posisi 2 (shooting guard) atau 3 (small forward).

Power Forward

Power forward adalah posisi 4 dalam tim basket. Posisi ini ditempati oleh pemain yang memiliki postur tubuh tinggi dan fisik yang kuat. Pemain ini bertugas menangkap bola yang memantul dari ring (rebound) baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang.

Pemain power forward lebih banyak bergerak di dekat ring dibandingkan small forward.  Pemain ini akan berusaha untuk menembak dari jarak dekat hingga membuat lawan melanggar dirinya. Bintang basket yang menempati posisi ini adalah Dirk Nowitzki legenda klub Dallas Mavericks dari Jerman.

Center

Center dalam tim basket disebut juga sebagai posisi 5 atau big man. Pemain yang menempati posisi ini biasanya memiliki postur paling besar dan tertinggi dalam tim. Pemain ini mengambil posisi di area garis tembakan besar (free-throw line).

Pemain center memiliki tugas utama sebagai pembendung tembakan lawan, menyusup pertahanan lawan, hingga menjaga daerah pertahanan. Pemain ini harus mampu menggunakan punggungnya untuk menghalangi lawan dan merebut bola pantul yang tidak gagal masuk ring (rebound). 

Pemain yang menempati posisi center juga bertugas untuk merebut bola ketika jump ball (perebutan bola dalam mengawali permainan basket). Pemain ini juga akan sering melakukan tembakan dari dekat ring dan sering mendapat banyak pelangaran dari lawang yang menghalanginya. Bintang basket yang menempati posisi ini adalah Wilt Chamberlain, Shaquille O’Neal, hingga Kareem Abdul-Jabbar. 

Itulah posisi pemain basket dan tugas serta perannya dalam laga pertandingan. Setiap pemain memiliki perannya masing-masing yang harus saling bersinergi untuk menciptakan permainan yang hebat, baik dalam penyerangan maupun pertahanan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.