Bagikan:

JAKARTA - Chelsea hampir dipastikan merekrut Enzo Maresca, Manajer Leicester City dan mantan asisten Pep Guardiola. Chelsea pun siap membayar kompensasi kepada Leicester sebesar 10 juta poundsterling setelah Maresca resmi bergabung.

Maresca hanya bermodalkan juara Champioship sudah membuat Chelsea kepincut. Apalagi dengan label eks asisten Guardiola.

Seperti halnya Mikel Arteta yang sempat menjadi asisten manajer di Manchester City, dirinya kemudian dinilai berhasil mengarsiteki Arsenal meski baru memberi trofi Community Shield.

Chelsea pun memilih melepas Mauricio Pochettino yang mulai memberi hasil dalam memoles Cole Palmer dkk.

Bahkan The Blues sukses menembus peringkat enam dengan mengungguli Manchester United yang menutup kompetisi di posisi delapan.

Hanya Chelsea tetap memecat Pochettino. Sejumlah kandidat pun muncul seperti Kieran McKenna yang sukses membawa Ipswich Town promosi ke Premier League Inggris, mantan manajer Brighton and Hove Albion Roberto De Zerbi dan Thomas Frank, manajer Brentford.

Maresca yang akhirnya terpilih. Kinerjanya meski baru satu musim di Leicester memang cukup meyakinkan. Dirinya membawa The Foxes kembali ke Premier League setelah memenangkan 31 dari 46 pertandingan Championship.

Sebelumnya, dia menjadi asisten Guardiola dan turut berperan saat Man City memenangi treble musim 2023. Sukses itu yang kemudian membawa manajer berusia 44 ini direkrut Leicester.

Chelsea akan memberikan kontrak panjang berdurasi lima tahun. Bahkan pria asal Italia yang pernah menangani Parma ini akan mendapat opsi tambahan sampai 2030.

Maresca merencanakan memboyong mantan kiper Chelsea Willy Caballero sebagai asisten. Caballero menjadi kiper pelapis di Chelsea selama empat tahun 2017 hingga 2021.

Dirinya menjadi kiper pengganti Thibaut Courtois dan Kepa Arrizabalaga. Meski demikian, pria asal Argentina sudah sangat akrab dengan suasana di Stamford Bridge.

Maresca juga membawa para asistenya di Leicester seperti Danny Walker, pelatih kiper Michele De Bernardin, pelatih fitnes Marcos Alvarez dan analis Javier Molina Caballero.