Bagikan:

JAKARTA - Chelsea sedang serius melakukan negosiasi dengan Enzo Maresca untuk menggantikan Mauricio Pochettino yang didepak belum lama ini.

Leicester City pun tampaknya memberi lampu hijau untuk kepergian sang manajer. Hanya saja, The Blues kudu membayar kompensasi sebesar 10 juta pound jika ingin membawanya ke Stamford Bridge.

Pria Italia berusia 44 tahun itu muncul sebagai kandidat terdepan untuk menggantikan Mauricio Pochettino setelah membawa Leicester City meraih promosi ke Liga Inggris musim depan setelah menjuarai Championship 2023/2024.

Todd Boehly dan Clearlake, pemilik Chelsea, sejatinya tak masalah jika harus merogoh kocek 10 juta pound untuk mendapatkan Maresca.

Soalnya, Maresca menjadi kandidat terdepan ketimbang Roberto De Zerbi dan Thomas Frank.

Kieran McKenna sebetulnya masuk daftar setelah memimpin Ipswich Town promosi ke Liga Inggris musim depan. Namun, dirinya telah mengundurkan diri dari pencalonan.

Sementara itu, Maresca, yang memiliki klausul pelepasan 10 juta pound dalam kesepakatannya, pindah ke King Power dari staf pelatih Manchester City musim panas lalu.

Dia membimbing klub langsung kembali ke Liga Inggris pada upaya pertama sebagai pemenang gelar Championship.

Semasa masih aktif bermain, Maresca pernah membela West Brom dan Sevilla. Di klub terakhir, dia berkontribusi memenangi Piala UEFA (Liga Europa).

Karier manajerialnya dimulai di klub kecil Italia, Ascoli, sebelum ia pindah ke Man City pada 2020 untuk memimpin pasukan pengembangan elite mereka.

Dia pergi sebentar untuk kembali ke rumah dan mengambil alih sebagai manajer Parma, tetapi dia dipecat hanya beberapa bulan setelah gagal tampil mengesankan.

Hal itu berujung pada kembalinya Man City sebagai salah satu asisten Pep Guardiola untuk musim 2022/23 yang berakhir dengan kejayaan treble sebelum ia pindah ke Leicester.

Terlepas dari itu, pemecatan Pochettino dianggap terburu-buru. Pelatih asal Argentina itu sejatinya tidak gagal bersama Si Biru.

Pochettino hanya bertugas selama satu musim. Dia mendapat musim buruk hingga akhirnya membawa klub finis di posisi keenam Liga Inggris 2023/2024.

Sepanjang musim kemarin, Chelsea dibawa mencapai final Piala Carabao, yang mana mereka kalah dari Liverpool, serta semifinal Piala FA.

Pochettino juga memastikan mereka kembali ke kompetisi Eropa musim depan berkat Liga Konferensi UEFA.

Raihan tersebut dianggap belum memuaskan bagi pemilik Chelsea. Padahal, Pochettino tengah membangun skuad masa depan The Blues yang saat ini diisi pemain-pemain muda bertalenta.