Bagikan:

JAKARTA - Pelatih kepala Manchester United, Erik ten Hag, tengah khawatir mengenai kebugaran kapten tim, Bruno Fernandes, menjelang laga penting Liga Inggris melawan Newcastle United di Old Trafford pada  Rabu, 15 Mei atau Kamis dini hari WIB.

Playmaker asal Portugal tersebut sebenarnya hampir kembali dari cedera pergelangan tangan menjelang pertandingan akhir pekan melawan Arsenal, namun harus menarik diri di menit-menit terakhir karena belum pulih sepenuhnya.

Hal yang sama berlaku untuk Marcus Rashford yang mengalami cedera pergelangan kaki. Rashford kembali berlatih bersama Fernandes dan Lisandro Martinez (cedera betis) pekan lalu, namun yang terakhir memiliki peluang besar untuk masuk dalam skuad.

Semua pemain seperti Anthony Martial (cedera pangkal paha), Tyrell Malacia (cedera lutut), Victor Lindelof (cedera paha), Harry Maguire (cedera otot), Raphael Varane (cedera otot), Mason Mount (cedera tidak ditentukan), dan Luke Shaw (cedera paha) juga tidak dapat dimainkan, sementara Willy Kambwala (cedera tidak ditentukan) dan Amad Diallo (cedera lutut) masih memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Diallo membuat penampilan pertama sebagai starter di Liga Premier musim ini melawan Arsenal dan tampil impresif di sayap kanan sebelum harus keluar lapangan pada babak kedua. Namun, ia meredakan kekhawatiran tentang cederanya melalui media sosial setelah pertandingan.

Meski begitu, tidak akan mengejutkan jika Antony kembali ke posisi penyerang bersama Alejandro Garnacho dan Rasmus Hojlund, sementara masa pemulihan yang diperpanjang akan menguntungkan peluang Fernandes untuk kembali bermain pada Rabu.

Scott McTominay kemungkinan akan kembali ke peran gelandang bertahan bersama Kobbie Mainoo, sementara Aaron Wan-Bissaka dan Diogo Dalot tetap menjadi pilihan yang tersedia di posisi bek sayap.

Namun, Kambwala mungkin bergabung dengan Jonny Evans dan Andre Onana di lini belakang jika ia mendapatkan lampu hijau, sehingga menggeser Casemiro setelah kesalahannya di lini belakang menyebabkan kekalahan dari Arsenal pada Minggu, 12 Mei.

Beruntung, Lisandro Martinez akan kembali ke skuad untuk pertandingan melawan Newcastle United. Martinez kembali berlatih menjelang akhir pekan lalu, namun tidak dipertimbangkan untuk tampil melawan Arsenal pada Minggu sore karena Ten Hag menilai itu terlalu cepat baginya untuk bermain.

Pemain internasional Argentina tersebut diperkirakan akan turun melawan Newcastle  di mana Manchester United berusaha bangkit dari kekalahan beruntun di Liga Inggris. Martinez sendiri  hanya bermain 11 penampilan musim ini dan telah absen sejak akhir Maret karena masalah betis.

"Licha Martinez, saya pikir dia akan kembali ke skuad. Dia sekarang sudah mengikuti beberapa sesi latihan dengan kami dan kami merencanakan dia untuk tersedia," kata Ten Hag kepada wartawan dalam konferensi pers.

Ten Hag juga mengungkapkan bahwa Marcus Rashford, Bruno Fernandes, dan Willy Kambwala bisa tersedia untuk pertandingan melawan tim asuhan Eddie Howe.

Rashford telah melewatkan empat pertandingan liga terakhir Manchester United karena cedera yang dia alami di semifinal Piala FA bulan lalu, sementara Fernandes absen dalam dua pertandingan terakhir tim. Kambwala, meskipun, kembali dari cedera sebagai pemain pengganti di babak kedua melawan Arsenal pada hari Minggu.

"Untuk beberapa pemain lain, kita harus melihat. Rashford, Bruno, Willy Kambwala, jika mereka cukup fit," tambah manajer itu saat berbicara menjelang pertandingan melawan Newcastle.

Ten Hag juga mengharapkan akan ada penampilan perpisahan untuk Raphael Varane, di mana bek Prancis tersebut berpotensi siap tampil untuk dua pertandingan terakhir tim musim ini. Pada  Selasa, 14 Mei, sudah diumumkan bahwa bek tengah itu akan meninggalkan Old Trafford dengan status bebas transfer pada akhir Juni.

"Kami merencanakan dia untuk pertandingan terakhir. Tidak untuk besok tetapi kami berharap untuk hari Minggu dan tentu saja untuk pertandingan terakhir [final Piala FA melawan Manchester City]," kata Ten Hag.

Manchester United akan mengakhiri kampanye Liga Premier 2023-24 mereka melawan Brighton & Hove Albion pada hari Minggu sebelum menghadapi Manchester City di final Piala FA pada 25 Mei. Luke Shaw, Victor Lindelof, dan Harry Maguire juga diperkirakan memiliki kesempatan untuk terlibat dalam pertandingan di Wembley melawan tim asuhan Pep Guardiola.