Preview Newcastle United vs Manchester United: Tetap Andalkan Andre Onana
Laga Newcastle United saat menghadapi Manchester United. (Twitter @NUFC)

Bagikan:

JAKARTA - Kiper Andre Onana masih menjadi andalan Manchester United saat menyambangi markas Newcastle United dalam lanjutan kompetisi Premier League Inggris, Minggu, 3 Desember dini hari WIB. Manajer Erik ten Hag tak cemas Onana bakal blunder lagi dalam duel di Stadion St James' Park.

Onana, bukan kubu Galatasaray, yang menggagalkan kemenangan MU di Liga Champions. Setelah unggul 3-1, Onana malah bikin blunder yang membuat Galatasaray memaksakan imbang 3-3.

Bila menang, MU bakal lempeng ke 16 besar. Namun dengan hasil imbang itu, MU harus menang di laga terakhir saat menjamu Bayern Munchen.

Marcus Rashford dkk juga masih bergantung pada hasil pertandingan FC Copenhagen melawan Galatasaray.

Ten Hag menolak menyalahkan Onana. Bahkan kiper timnas Kamerun yang didatangkan dari Inter Milan ini mendapat pujian sebagai kiper terbaik kedua di Liga Inggris.

"Bila Anda membuat analisis, Anda bisa melihat dia sesungguhnya kiper terbaik kedua berdasarkan statistik. Dalam mempertahankan gawang, dia yang terbaik kedua di Premier League," ucap Ten Hag.

Ini yang menjadikan Ten Hag tetap yakin bila Onana memang paling pas menjadi andalan MU di bawah mistar.

Sementara, kuartet bek tak berubah. Ten Hag mempertahankan Diogo Dalot, Harry Maguire, Victor Lindelof dan Luke Shaw yang mengawal Onana di laga melawan Galatasaray.

Tampaknya bek Rapael Varane sudah tak diperlukan lagi. Meski berperan penting bersama Lisandro Martinez di musim lalu, kini Varane sudah tersingkir. Apalagi, Martinez lebih sering cedera.

Sementara, Newcastle menunjukkan performa bagus saat menghajar Arsenal 1-0 dan kemudian membantai Chelsea 4-1 di kompetisi domestik.

Mereka juga nyaris mempermalukan Paris Saint-Germain di Liga Champions. Unggul lebih dulu, PSG akhirnya menyamakan skor 1-1 lewat penalti Kylian Mbappe.

Newcastle memang telah menjelma sebagai kekuatan anyar. Musim lalu di laga kandang, The Magpies sukses menghajar MU 2-0.

Sementara dalam laga Carabao Cup di kandang MU di Old Trafford, NU pun menaklukkan The Red Devils 3-0. Ini menjadikan Newcastle tetap diperhitungkan dan berpeluang menjungkalkan MU.

Hanya, Newcastle tak bisa menurunkan skuat terbaik. Banyak pemain yang cedera yang sebagian merupakan pilar tim seperti Joe Willock, Elliot Anderson dan Callum Wilson.

Meski demikian, NU tetap menjadi unggulan. Bila menang, tuan rumah bakal menggeser MU di klasemen.

Sebaliknya, bila MU mampu menjaga konsistensi dan Onana bisa clean sheet, pasukan Ten Hag berpeluang mencuri poin.

Prakiraan Susunan Pemain

Newcastle United (4-3-3): Pope; Trippier, Schar, Lascelles, Livramento; Joelinton, Guimaraes, Miley; Almiron, Isak, Gordon

Manchester United (4-2-3-1): Onana; Dalot, Maguire, Lindelof, Shaw; McTominay, Mainoo; Garnacho, Fernandes, Rashford; Hojlund