Bagikan:

YOGYAKARTA - Beberapa orang menjalani olahraga di malam hari lantaran tidak sempat meluangkan waktu di siang hari. Namun sebagian orang masih ragu melakukan olahraga di malam hari karena kepikiran efeknya pada kesehatan.

Pemilihan waktu olahraga ini memang menjadi pertimbangan penting mengingat kondisi fisik dan kesibukan tiap orang berbeda-beda. Banyak orang yang menganggap olahraga lebih baik dilakukan saat siang dibandingkan setelah matahari terbenam. 

Namun faktanya sejumlah melakukan latihan di malam hari, begitupun banyak tempat olahraga yang buka 24 jam. Melihat hal ini, berarti tidak dilarang melakukan olahraga pada malam hari. Sebenarnya ada untung-rugi sendiri menjalani olahraga di waktu malam. 

Keuntungan Olahraga di waktu Malam

Bagi orang-orang yang sibuk bekerja, olahraga di malam hari menjadi salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh. Aktivitas olahraga yang kerap dilakukan ketika malam, yaitu seperti lari, bulutangkis, tenis, dan di tempat gym. 

Berikut ini beberapa manfaat olahraga di malam hari bagi Anda yang baru bisa menyempatkan waktu ketika hari sudah gelap.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Orang yang teratur melakukan aktivitas fisik memiliki kecenderungan untuk memiliki tidur yang lebih berkualitas setiap malam jika dibandingkan mereka yang tidak aktif secara fisik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rutinitas olahraga dapat meningkatkan durasi tidur yang panjang. 

Dengan menjalani olahraga sebelum tidur, seseorang dapat terlelap lebih pulas atau lebih lama. Kondisi ini bisa mengatasi gangguan tidur atau insomnia yang mungkin dialami oleh individu. Ketika Anda punya waktu tidur lebih lama maka juga mempengaruhi kualitas bangun dengan perasaan lebih tenang dan pikiran lebih segar.

Mengurangi Stres

Latihan fisik bisa menjadi solusi untuk mengatasi stres dan kegelisahan. Melakukan aktivitas olahraga pada malam hari ternyata memiliki manfaat yang cukup signifikan bagi kesehatan mental. Menurut Temitayo Oyegbile Chidi, seorang ahli dari NSF, kegiatan ringan seperti berjalan kaki, meditasi, atau yoga dapat menjadi strategi yang efektif untuk menenangkan pikiran yang bergejolak.

Lebih Leluasa Berolahraga

Sebagian besar orang biasanya memilih waktu pagi untuk menjalani olahraga atau mengikuti latihan fisik. Oleh karena itu, memilih melakukan kegiatan tersebut pada malam hari seringkali menghasilkan suasana yang lebih tenang. Misalnya ketika Anda mengikuti kelas olahraga, maka suasananya tidak terlalu ramai dan jadi punya keleluasaan yang lebih besar..

Kekurangan Olahraga di Malam Hari

Meski ada beberapa manfaat atau kelebihan, namun olahraga malam hari juga memiliki sejumlah kekurangan. Berolahraga di waktu malam memang punya tantangan tersendiri dan terbilang cukup berat bagi sebagian orang. 

Sebaiknya jika ingin melakukan olahraga di malam hari maka harus menyesuaikan dengan kondisi fisik dan ketersediaan waktu masing-masing orang. Jangan memaksakan olahraga di waktu malam apabila tidak memungkinkan.

Berikut ini beberapa kekurangan dari olahraga di malam hari yang perlu Anda ingat:

Inkonsisten

Berolahraga di malam hari bisa menjadi sulit, terutama setelah menjalani hari yang panjang dan melelahkan. Salah satu kekurangan dari olahraga di malam hari adalah kemungkinan seseorang inkonsisten. Mungkin Anda akan melewatkan latihan karena kelelahan setelah beraktivitas siang hari.

Keterbatasan Waktu

Keterbatasan akses beberapa fasilitas olahraga seperti kolam renang atau lapangan tertentu pada malam hari bisa menjadi hambatan. Selain itu faktor keamanan juga perlu dipertimbangkan, terutama ketika melakukan aktivitas olahraga di luar ruangan.

Potensi Gangguan Tidur

Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan tidur setelah melakukan aktivitas fisik yang intens atau berat di malam hari. Hal ini dapat terjadi karena peningkatan suhu tubuh dan tingkat energi yang tinggi setelah berolahraga.

Demikianlah ulasan mengenai untung-rugi olahraga di malam hari. Menjalani olahraga di waktu malam sebenarnya tidak dilarang atau boleh-boleh saja. Namun aktivitas ini harus disesuaikan dengan kondisi fisik dan kesibukan masing-masing orang. Baca juga olahraga pagi atau malam, mana yang lebih baik?

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.