Menimbang Untung Rugi Investasi Kripto di Masa Depan
Investasi kripto (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mata uang kripto atau cryptocurrency menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak digemari sejak beberapa waktu belakangan. Meski demikian banyak orang khawatir berinvestasi kripto karena risikonya tinggi dan memiliki votalitas tinggi. Jadi sebelum memulainya, Anda perlu tahu untung rugi investasi kripto.

Mata uang kripto semakin banyak bermunculan jenisnya. Hingga akhir tahun 2022, sudah ada ribuan kripto yang bisa dijadikan instrumen investasi. Beberapa crytocurrency yang memiliki market terbesar ada Ethereum (ETH), Bitcoin (BTC), Dogecoin (DOGE), Cardano (ADA), dan lainnya. 

Di Indonesia sebenarnya kripto belum bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Namun aset ini bisa dijadikan investasi jangka panjang. Banyak orang tertarik berinvestasi kripto karena bisa mendapatkan keuntungan tinggi dalam waktu cepat. Namun di balik itu tetap ada untung rugi investasi kripto.

Untung Rugi Investasi Kripto

Meski investasi kripto menawarkan keuntungan yang menggiurkan, namun keputusan untuk berinvestasi harus dipertimbangkan secara matang. Para investor kripto harus memiliki mental yang kuat karena pergerakan profit dan ruginya bisa berubah cepat dan drastis seperti laju roller coaster. 

Cryptocurrency sama seperti instrumen investasi lainnya, yakni memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini sejumlah keunggulan investasi kripto yang perlu Anda tahu. 

Kelebihan Investasi Kripto

  • Transaksi Cepat

Salah satu kelebihan dari mata uang kripto adalah proses transaksinya yang cepat. Anda bisa mentransfer kripto secara cepat hanya dalam beberapa menit. Keunggulan ini tentunya berbeda dari instrumen investasi lainnya yang butuh waktu berjam-jam hingga hitungan hari. 

  • Bersifat Universal

Kripto juga sudah bersifat universal karena tersedia di seluruh negara. Di Indonesia sendiri sudah ada aplikasi legal untuk melakukan transaksi kripto. Jadi investor kripto dalam negeri bisa terhubung dengan pasar kripto yang sudah ada. Untuk bisa mengakses dan melakukan transaksi, Anda bisa mengunduh aplikasi kripto yang sudah mendapat izin dari BAPPEBTI. 

  • Layanan 24 Jam

Keunggulan lain dari investasi kripto adalah tersedianya layanan transaksi selama 24 jam. Jadi Anda bisa melakukan pembelian dan penjualan kripto secara real time kapanpun Anda mau. Anda bisa bertransaksi di pasar kripto baik pagi hari, sore, atau malam hari. Berbeda dengan bursa saham, yang mana hanya bisa diakses pada jam-jam tertentu. 

  • Aset Investasi Menjanjikan di Era Digital

Sudah sering disebutkan bahwa mata uang kripto menjadi aset investasi yang menjanjikan di era digital. Sejumlah pakar menilai bahwa kripto lebih menawarkan banyak keuntungan di era kedepannya, dibandingkan instrumen investasi lainnya. Aset kripto disebut akan terus mengalami pertumbuhan seiring berjalannya waktu. 

  • Menyembunyikan Identitas

Kelebihan lainnya dari investasi kripto adalah bisa menggunakan nama samaran dalam kepemilikannya. Hal ini sangat disukai bagi orang-orang yang ingin menjaga privasinya. Langkah ini cukup membantu mencegah terjadinya pencurian data atau kebocoran informasi pribadi. 

Kekurangan Investasi Kripto

  • Volatilitas yang Tinggi

Seperti pepatah “high return, high risk”, investasi kripto menawarkan keuntungan berkali lipat namun juga memiliki risiko yang tinggi. Nilai fluktuasi dalam mata uang kripto termasuk sangat tinggi. 

  • Rentan Cyber Crime

Meski sejumlah platform investasi kripto sudah menerapkan teknologi canggih, namun keamanannya masih tetap terancam oleh cyber crime. Kejahatan digital yang perlu diwaspadai oleh pengguna yakni pembobolan data pribadi pada wallet kripto. 

  • Regulasi yang Masih Minim

Kekurangan lainnya pada investasi kripto adalah regulasi yang masih minim di sejumlah negara, salah satunya di Indonesia. Cryptocurrency termasuk instrumen investasi yang hadir baru-baru ini di tanah air. Meski sudah memberlakukan sejumlah peraturan, namun pemerintah masih harus menyempurnakan aturan atau hukumnya. 

Demikianlah ulasan mengenai untung rugi investasi kripto. Cryptocurrency merupakan aset investasi yang dinilai punya profit menjanjikan di masa depan. Namun sebanding dengan keuntungan besar yang diberikan, risiko dalam investasi ini juga cukup tinggi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.