Jack Grealish Handball di Piala FA, Pochettino Kecewa Chelsea Tak Dapat Penalti
Pemain Chelsea di pertandingan semifinal Piala FA melawan Manchester City (X/@ChelseaFC)

Bagikan:

JAKARTA - Chelsea kembali gagal meraih trofi setelah kalah 1-0 melawan Manchester City di semifinal Piala FA. Hanya manajer Mauricio Pochettino mengaku geram dan kecewa karena Chelsea seharusnya mendapat hadiah penalti setelah gelandang Man City Jack Grealish handball di kotak terlarang.

Pochettino pantas kecewa. Chelsea mendapat sejumlah peluang dalam duel di Stadion Wembley, Sabtu, 20 April 2024 malam WIB. Peluang terbaik diperoleh striker Nicholas Jackson, namun dia gagal menuntaskannya.

Chelsea juga berpeluang mendapat hadiah penalti saat tendangan bebas Cole Palmers mengenai lengan Grealish.

Meski jelas Grealish melakukan handball di kotak penalti, namun wasit Michael Oliver membiarkan insiden itu.

Sikap wasit membuat Pochettino meradang. Pasalnya insiden itu terlihat jelas dari pinggir lapangan.

Asisten manajer Jesus Perez pun menyaksikan pelanggatan yang dilakukan Grealish. Tidak hanya kubu Chelsea, tetapi netizen pun menyatakan itu 100% penalti.

"Wow, that’s handball all day long," demikian tulis @TheVillaPolls di akun X (dulu Twitter).

"No doubt. The hand was far and in unnatural position, the ball has changed its direction. 100% penalty," kata Michael Elgort di akun @just_whatever.

Ada pula yang menulis secara sarkas, "BREAKING: Handballs are now allowed at Wembley." Tulis @FreshSport87.

Sementara, Pochettino mengatakan, "Dari pinggir lapangan, sulit untuk tidak melihat itu penalti. Saya sempat bicara [kepada wasit] terutama setelah Jesus dan staf menguatkan kalau itu seharusnya penalti."

Saat menghampiri wasit keempat Darren England, Pochettino mengucapkan, "Saya hanya katakan kepada dia, 'Mengapa tidak meninjau insiden itu di TV [VAR].' Menurut saya dari apa yang saya lihat [itu penalti]. Tetapi wasit memutuskan melanjutkan pertandingan."

Usai laga, Pochettino mendekati Oliver untuk menyampaikan komplain. Hanya, komplain usai pertandingan memang tidak ada gunanya.

Di laga itu, gol kemenangan Man City dicetak Bernardo Silva menit 84. Pasukan Pep Guardiola pun melaju ke final dalam upaya mempertahankan gelar juara menghadapi Manchster United atau Coventry City.

Bagi Chelsea ini untuk kedua kalinya dalam satu musim mereka menuai kegagalan. Sebelumnya, The Blues kalah di final Carabao Cup. Liverpool yang mengalahkan Chelsea 1-0 di Wembley.

"Di pertandingan ini, kami bermain sangat bagus. Tetapi saya tidak bisa mengatakan bila tim saya lebih baik karena sulit untuk mengukurnya. Yang paling penting kami mampu bersaing," ujar Pochettino.

"Kami perlu mengambil sisi positif dari pertandingan ini. Tim ini butuh momen-momen seperti di pertandingan ini untuk meningkatkan kemampuan," jawabnya.