Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional Indonesia U-23 akan memainkan laga terakhir fase grup Piala Asia U-23 melawan Yordania. Ini laga krusial untuk perebutan tiket ke babak gugur.

Duel antara Garuda Muda melawan Yordania pada laga ketiga Grup A ini akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Qatar, Minggu, 21 April pukul 22.30 malam WIB.

Dalam dua laga sebelumnya, Indonesia menelan satu kekalahan dan mendapat satu kemenangan. Kekalahan dialami di laga pertama vs tuan rumah Qatar, sedangkan kemenangan terjadi saat kontra Australia.

Satu kemenangan itu membuat Indonesia sekarang mengisi posisi kedua klasemen sementara grup. Garuda berada di belakang Qatar dan diikuti berturut-turut oleh Yordania dan Australia.

Dengan koleksi enam poin yang dimiliki saat ini maka skuad asuhan Shin Tae Yong hanya membutuhkan hasil imbang melawan Yordania untuk mengamankan tiket babak perempat final.

Satu poin dari hasil imbang otomatis akan memastikan Timnas Indonesia U-23 lolos. Jika ini terjadi maka kemenangan Australia atas Qatar tidak akan memiliki arti apa-apa.

Kalau bermain imbang melawan Yordania dan Australia menang atas Qatar maka Indonesia dan The Socceroos sama-sama punya empat poin. Namun, Australia tidak lolos karena kalah melawan Indonesia Matchday 2.

Akan tetapi, jika kalah melawan Yordania maka Timnas Indonesia U-23 langsung tersingkir. Pasalnya, secara jumlah poin Marselino Ferdinan dan kawan-kawan otomatis akan dilewati oleh Yordania.

Skenario ini membuat hasil apa pun yang terjadi dalam laga Qatar vs Australia tidak akan berdampak buat Indonesia. Dengan demikian, laga melawan Yordania adalah duel hidup mati bagi Garuda.

Pertandingan melawan Yordania tentu tidak akan mudah karena lawan juga membutuhkan kemenangan. Satu-satunya syarat agar Yordania bisa lolos menemani Qatar adalah bisa mendapat tiga angka dari laga ini.

Kabar baik buat Indonesia adalah Ivar Jenner akan kembali bermain di laga ini. Dia sebelumnya absen melawan Australia akibat kartu merah kontroversial yang ia terima saat melawan Qatar.

Perkiraan Formasi

Yordania U23 (4-2-3-1): Ahmad Al-Juaidi; Amer Jamous, Daniel Afaneh, Youssef Hassan, Faisal Abu Shanab; Mo Abualnadi, Waseem Al-Riyalat; Seif Darwish, Mohannad Abu Taha, Aref Al-Haj; Reziq Bani Hani.

Pelatih: Abdullah Abu Zema

Timnas U23 Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Muhammad Ferrari, Rizky Ridho, Justin Hubner; Rio Fahmi, Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner; Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman; Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae Yong