Bagikan:

JAKARTA - AS Roma melaju mulus ke semifinal Liga Europa setelah menyingkirkan AC Milan. Dalam duel kedua perempat final di Stadion Olimpico, Jumat, 19 April 2024 dini hari WIB, Roma menang 2-1. Di semifinal, Roma menantang tim unggulan Bayer Leverkusen.

Roma menunjukkan performa terbaik saat menghadapi Milan dalam duel sesama tim Serie A Italia di kompetisi Eropa.

Meski bermain dengan 10 orang sejak menit 31 menyusul diusirnya Zeki Celik, namun Roma mampu mempertahankan keunggulan 2-1.

Kemenangan itu menjadikan Roma unggul agregat 3-1. Pasalnya pada laga pertama di kandang Milan, mereka menang 1-0.

Ini menjadikan Roma lolos ke semifinal untuk keempat kalinya di kompetisi Eropa. Musim lalu, Roma mencapai final sebeum dikalahkan Sevilla lewat adu penalti.

Keberhasilan Giallorossi melaju ke empat besar membawa mereka bertemu lawan yang tidak kalah tangguh, Bayer Leverkusen, yang bermain imbang 1-1 melawan West Ham United.

Leverkusen yang baru saja memenangi Bundesliga Jerman mempertahankan rekor tak terkalahkan di berbagai kompetisi. Mereka pun menang agregat 3-1 setelah unggul 2-0 di laga pertama.

Dalam duel itu, Roma tampil percaya diri. Kemenangan 1-0 di laga pertama menjadi modal berharga tim asuhan Daniele De Rossi.

Pada menit-menit awal pertandingan, kapten Lorenzo Pellegrini sudah mengancam gawang Rossoneri. Namun sepakannya dari luar kotak penalti masih membentur tiang gawang.

Namun di menit 12, bek Gianluca Mancini tak melakukan kesalahan. Sundulannya sukses menaklukkan kiper Mike Maignan.

Ini untuk kedua kalinya secara berturut-turut Mancini membobol gawang Milan. Pada laga pertama, bek tim nasional Italia ini mencetak satu-satunya gol.

Unggul 1-0 menjadikan Roma kian bersemangat menekan Milan. Hasilnya, pemain depan Paulo Dybala memperbesar keunggulan Roma di menit 22.

Berawal dari upaya striker Romelu Lukaku yang berhasil merebut bola. Dari sisi kanan, dia kemudian melepaskan umpan silang ke depan gawang lawan.

Pemain belakang Milan berusaha menyapu bola namun gagal. Bola jatuh di kaki Dybala yang kemudin melepaskan tendangan keras ke gawang.

Hanya saja, Roma kemudian kehilangan Lukaku yang mengalami cedera di menit 28. Dirinya terpaksa ditarik keluar dan digantikan eks striker Chelsea Tammy Abraham.

Setelah ditinggalkan Lukaku, Roma malah kehilangan bek Zeki Celik yang mendapat kartu merah di menit 31. Celik diusir setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Rafael Leao.

Bermain dengan 10 orang memaksa De Rossi mengubah strategi dengan lebih memperkuat sektor pertahanan.

Dybala kemudian ditarik dan digantikan bek Diego Llorente. Mereka pun masih bisa mengamankan keunggulan 2-0 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Milan berusaha menekan Roma. Namun tuan rumah tetap menunjukkan permainan apik dan bahkan nyaris memperbesar keunggulan melalui Leonardo Spinazzola yang melakukan aksi solo run.

Namun saat berhadapan dengan Maignan, tendangannya bisa terlalu lemah sehingga bisa diamankan kiper timnas Perancis ini.

Milan terus menyerang tuan rumah. Namun tim asuhan Stefano Pioli tak bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain.

Usaha mereka baru bisa memberi hasil setelah Matteo Gabbia mencetak gol di menit 85. Hanya, mereka gagal menambah gol sehingga skor 2-1 bertahan sampai akhir laga.