Bagikan:

JAKARTA - Pelatih kepala Borussia Dortmund, Edin Terzic, akan menerima suntikan pertahanan yang tepat waktu untuk leg pertama pertandingan perempat final Liga Champions melawan Atletico Madrid di Wanda Metropolitano pada Rabu, 10 April, atau Kamis dini hari WIB.

Raksasa Jerman itu mengalahkan PSV Eindhoven dengan agregat 3-1 untuk mencapai delapan besar, meskipun Nico Schlotterbeck absen dalam kemenangan leg kedua 2-0, setelah mendapat kartu kuning ketiga dalam pertandingan pembuka.

Namun, Schlotterbeck kini telah menyelesaikan sanksinya dan kembali tersedia untuk tugas di kancah Eropa, namun hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk bek kiri Ramy Bensebaini, yang menghadapi absen berbulan-bulan karena cedera lutut yang buruk.

Akibatnya, Ian Maatsen akan bermain di sisi kiri pertahanan Dortmund, sementara Julian Ryerson kemungkinan besar akan mendapat kesempatan di sisi kanan, meskipun Niklas Sule juga telah melakukan tugas yang kompeten di sana dalam pertandingan kandang melawan PSV.

Dengan kembalinya Schlotterbeck, pemain internasional Jerman itu seharusnya akan bergabung dengan sesama negaranya, Mats Hummels, sebagai penghalang tengah di belakang Gregor Kobel, sementara Emre Can beroperasi di depan keduanya di posisi nomor enam.

Baik Marcel Sabitzer maupun Julian Brandt tidak berhasil mencatatkan waktu bermain penuh di pertandingan Bundesliga Dortmund yang kalah dari Stuttgart pada laga Sabtu, 6 April, namun kedua pemain tersebut seharusnya dipilih untuk melengkapi Can di lini tengah Dortmund.

Di lini depan, cedera pinggul terbaru Donyell Malen membuatnya diragukan tampil untuk pertandingan ini, sehingga susunan lini depan yang tidak berubah seharusnya terdiri dari Jadon Sancho, Karim Adeyemi, dan Niclas Fullkrug, yang terakhir berusaha mengakhiri rentetan delapan pertandingan tanpa gol di semua kompetisi.

Di sisi lain, pelatih kepala Atletico Madrid, Diego Simeone, menghadapi kekhawatiran atas kondisi kebugaran Memphis Depay untuk leg pertama perempat final Liga Champions ini.

Pemain Belanda tersebut - pencetak gol kedua timnya dalam kemenangan dramatis leg kedua babak 16 besar melawan Inter Milan - tidak dapat menyelesaikan sesi latihan penuh pada Sabtu karena cedera, yang serius dan belum dipastikan akan bugar.

Namun, Depay hanya satu dari tiga kekhawatiran bagi Simeone untuk dipertimbangkan pada Rabu nanti, karena Mario Hermoso juga tengah berjuang dengan masalah paha, sementara Thomas Lemar baru saja pulih dari cedera Achilles.

Depay kemungkinan besar ditempatkan di bangku cadangan, Antoine Griezmann dan Alvaro Morata siap untuk bersatu dalam formasi dua penyerang yang diterapkan Simeone, dan tiga gelandang tuan rumah juga sudah ditentukan.

Memang, Rodrigo de Paul, Koke, dan Marcos Llorente diharapkan akan membentuk lini tengah, dengan Nahuel Molina dan Samuel Lino beroperasi sebagai pemain sayap di sistem 3-5-2.

Mantan pemain Borussia Dortmund, Axel Witsel, kemungkinan besar akan bertemu kembali dengan mantan klubnya sebagai bagian dari tameng pertahanan yang tangguh, yang akan mencakup Jose Gimenez dan Reinildo, meskipun Cesar Azpilicueta adalah alternatif yang layak.

Perkiraan susunan pemain

Atletico Madrid: Oblak; Witsel, Gimenez, Reinildo; Molina, Llorente, Koke, De Paul, Lino; Griezmann, Morata

Borussia Dortmund: Kobel; Ryerson, Hummels, Schlotterbeck, Maatsen; Sabitzer, Can, Brandt; Sancho, Fullkrug, Adeyemi