Bagikan:

JAKARTA – Level tertinggi liga bola voli Indonesia Proliga 2024 akan diikuti oleh atlet voli ternama Megawati Hangestri Pertiwi. Sang atlet akan membela Jakarta BIN.

Jakarta BIN mengonfirmasi kehadiran Megawati dalam skuad mereka melalui media sosial Instagram pada Senin, 1 April 2024, malam WIB. Setelah sukses di luar negeri, kehadiran atlet 24 tahun itu akan menjadi magnet tersendiri.

Megawati, yang mendapat julukan Megatron dari para penggemarnya, merupakan salah satu pevoli ternama yang dimiliki oleh Indonesia saat ini.

Pevoli kelahiran Kabupaten Jember tersebut mencapai kesuksesannya ketika bermain di luar negeri bersama klub Korea Selatan, Daejeon Jung Kwan Jang Red Sparks (selanjutnya ditulis Red Sparks).

Megawati bergabung klub yang bermain di level tertinggi liga voli Korea Selatan itu pada Juli 2023 melalui draf kuota pemain Asia. Dia pun kemudian melakoni debutnya bersama Red Sparks pada 17 Oktober 2023.

Pertandingan pertamanya itu terjadi ketika Red Sparks melawan IBK Altos di Gimnasium Daejeon Chungmu. Pada laga pertama itu, sang pemain langsung memberikan kontribusi 21 poin dan menjadi most valuable player (MVP).

Setelahnya, Megawati menjadi salah satu tulang punggung di dalam tim. Peran besarnya berhasil membantu Red Sparks menembus babak semifinal atau playoff.

Selain itu, Megawati juga mencatat prestasi pribadi duduk di posisi keenam top skor pada ujung musim kompetisi. Sayangnya, timnya tidak bisa mengakhiri puasa gelar selama 12 tahun.

Perjalanan Karier Megawati

Mendiang ayah memiliki peran besar dalam perjalanan karier Megawati. Di bawah bimbingan sang ayah, sang atlet bertransformasi menjadi pemain hebat seperti sekarang.

Dirangkum dari berbagai sumber, awal karier Megawati dimulai ketika mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jawa Timur pada 2013.

Setelah itu kariernya naik ketika ia mulai mewakili tim voli putri Jatim di Kalimantan Timur. Atlet bertinggi badan 185 cm ini kemudian mengawali karier profesionalnya pada 2015 saat dirinya belum genap 15 tahun.

Pada saat itu, ia masuk dalam senarai skuad muda di tim Surabaya Bank Jatim yang bermain di Livoli Divisi Utama 2015. Sementara itu, Jakarta Pertamina Fastron merupakan tim pertama di Proliga antara 2015 sampai 2017.

Megawati lalu sempat hijrah pada 2018 dengan membela Jakarta BNI 46 dan Bandung BJB Tandamata sebagai wakil Indonesia pada Grand Prix ASEAN 2022.

Red Sparks bukan tim luar negeri pertama yang dia bela. Sebelumnya, pada 2020 Megawati sudah pernah bermain untuk klub Thailand, Supreme Chonburi-E Tech.

Klub yang bermain di Liga Bola Voli Putri Thailand itu diperkuat Megawati selama setahun, yakni pada 2020-2021. Megawati pun kemudian kembali ke Indonesia untuk membela Jakarta Pertamina Fastron.

Setelah itu, pada 2022 Megawati kembali bermain ke luar negeri. Ia pindah ke Vietnam dan memperkuat klub voli Ha Phu Thanh Hoa pada Liga Bola Voli Vietnam setelah Proliga 2022 usai.

Setelah dari Vietnam, Megawati pulang kampung lagi. Selama kurang lebih dua tahun di Indonesia, antara 2022-2023, ia tercatat membela Bandung BJB Tandamata (2022), Surabaya Bank Jatim (2022), dan Jakarta Pertamina Fastron (2023).

Sementara itu, kariernya di Timnas Voli Putri Indonesia dimulai sejak 2017 di berbagai turnamen level Asia dan Asia Tenggara. Sejak itu ia menjadi salah satu pemain andalan Indonesia hingga saat ini.