Shin Tae-yong Bicara Target di Piala Asia U-23 2024
Shin Tae-yong punya target empat besar Piala Asia U-23 2024 bersama Timnas Indonesia U-23 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, bicara soal target di Piala Asia U-23 2024. Dia menjawab realistis.

Pelatih asal Korea Selatan itu tak ingin sesumbar. Terpenting menurutnya tak berhenti berusaha memberikan yang terbaik.

Sebagaimana diketahui, Indonesia U-23 berada di Grup A bersama Qatar, Australia, dan Yordania di Piala Asia U-23 2024.

PSSI pun mematok target agar Garuda Muda bisa melewati fase grup dan menapaki empat besar turnamen.

Menanggapi target tersebut, Shin mengaku bakal berupaya maksimal. Di sisi lain, ia juga tak bisa memberikan jawaban pasti karena sadar dirinya hanya manusia biasa dan tak bisa meramal kejadian pada waktu mendatang.

"Saya bukan Tuhan, jadi saya berusaha maksimal agar mendapat hasil baik. Sekarang sepak bola Indonesia sedang maju dan perjalanan masih jauh. Jadi, saya tidak bisa menentukan target kami apa dan tidak bisa memastikan bisa sampai target itu," kata Shin Tae-yong pada Senin, 1 April 2024.

Target Timnas Indonesia U-23 lolos sampai empat besar bukan tanpa tujuan. Jika nanti Garuda Muda bisa melaju sampai target tersebut, berarti ada peluang anak asuh Shin untuk menuju Olimpiade Paris 2024.

Asia mendapat jatah tiga setengah tiket untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024. Sebanyak tiga tim terbaik mendapat tiket otomatis ke Perancis, sedangkan tim urutan keempat harus melalui babak play-off melawan wakil dari Afrika.

Selain itu, hasil Piala Asia U-23 2024 juga bakal jadi salah satu tolok ukur untuk perpanjangan kontrak Shin Tae-yong.

Terkait hal itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut mengaku sudah berbicara dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

"Memang saat ini ada pembicaraan yang baik dengan Pak Erick (Thohir). Kami bicara terus tentang bagaimana perkembangan sepak bola Indonesia," tuturnya.

Kontrak Shin Tae-yong sejatinya akan berakhir pada 30 Juni 2024. Sebelumnya, dia mendapat perpanjangan kontrak enam bulan setelah kerja sama dengan PSSI habis pada Desember 2023.